Jumat 15 Sep 2023 11:34 WIB

Perih, La Liga Pangkas Batas Atas Gaji Para Pemain dan Staf Barcelona Lebih dari Setengah

Barcelona akan mendapatkan tambahan uang dari pembelian saham bulan ini.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Para pemain Barcelona.
Foto: EPA-EFE/INAKI PORTO
Para pemain Barcelona.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- La Liga Spanyol telah mengonfirmasi bahwa batasan gaji Barcelona telah dipangkas hampir setengahnya untuk musim 2023/2024. Ini akibat kesulitan keuangan dan pendapatan yang tengah mereka hadapi.

Akibat kesalahan manajemen yang dilakukan para petinggi klub selama beberapa tahun, Barcelona mengalami kesulitan finansial yang berdampak besar pada bisnis mereka di bursa transfer. Bahkan, raksasa Katalunya terpaksa mengurangi tagihan gaji dalam beberapa tahun terakhir untuk menyeimbangkan pembukuan.

Baca Juga

Sebagai akibatnya, sejumlah pemain terkenal meninggalkan Camp Nou, terutama ikon Blaugrana Lionel Messi yang hengkang setelah kontraknya berakhir pada musim panas 2021. Para pemain, seperti Ousmane Dembele, Sergio Busquets, Jordi Alba, Antoine Griezmann, dan Franck Kessie semuanya angkat koper pada musim panas ini. Juga Ansu Fati, Clement Lenglet, Eric Garcia, dan Sergino Dest, semuanya telah keluar dengan status pinjaman.

Dalam urusan penandatanganan pemain musim panas 2023, Barcelona hanya menghabiskan 3,4 juta euro untuk mengontrak gelandang berpengalaman Oriol Romeu. Ilkay Gundogan dan Inigo Martinez bergabung dengan status bebas transfer. Adapaun Joao Cancelo pun Joao Felix tiba dengan status pinjaman dari Manchester City dan Atletico Madrid.

Dikutip dari Sportsmole, Jumat (15/9/2023), batasan gaji terbaru yang diberlakukan oleh presiden La Liga Javier Tebas didasarkan pada pendapatan dan pengeluaran masing-masing klub papan atas Spanyol dari musim sebelumnya.

Angka resmi yang dirilis mengonfirmasi bahwa batas gaji Barcelona telah turun drastis dari 648 juta euro pada bulan Februari awal tahun ini menjadi hanya 270 juta euro. Jumlah tersebut adalah jumlah maksimum yang dapat dibelanjakan raksasa Katalunya selama musim ini.

Angka ini akan menentukan rencana klub untuk membelanjakan pemain dan pelatih di tingkat senior dan muda serta anggota staf lain yang dipekerjakan oleh klub menjelang jendela transfer musim dingin.

Biaya pemain dan staf Barca saat ini diyakini berada di kisaran 347 juta euro, melebihi batas baru sekitar 50 persen. Ini berarti mereka hanya akan diizinkan menggunakan sekitar setengah dari pendapatan yang mereka hasilkan.

Menurut jurnalis Helena Condis, Barcelona tidak terkejut dengan pengurangan batas gaji terbaru. Presiden Joan Laporta tenang dengan situasi tersebut karena berharap klub akan segera menerima pembayaran sekitar 40 juta euro dari Libero Football Finance untuk membeli saham klub dalam beberapa tahap bulan ini.

Beberapa klub La Liga seperti Athletic Bilbao, Atletico Madrid, Real Betis, dan Sevilla juga mengalami pengurangan batas atas gaji untuk musim ini. Sedangkan Real Madrid justru mengalami kenaikan senilai 44 juta euro.

Barcelona telah mengumpulkan 10 poin dari empat pertandingan pertama mereka di divisi teratas musim ini. Juara bertahan La Liga ini akan kembali beraksi di kandang melawan Real Betis pada Ahad (17/9/2023) dini hari WIB.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement