Ahad 24 Sep 2023 17:00 WIB

Asian Games 2022; Dikalahkan Korea Utara U-24 0-1, Timnas Indonesia U-24 Tetap Lolos?

Indonesia U-24 kini menempati posisi ketiga.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Duel pemain saat Timnas Indonesia U-24 menghadapi Korea Utara pada laga pamungkas Grup F Asian Games 2022 (2023) di Stadion Zheziang Normal University East, Ahad (24/9/2023) sore WIB.
Foto: Dok. NOC Indonesia
Duel pemain saat Timnas Indonesia U-24 menghadapi Korea Utara pada laga pamungkas Grup F Asian Games 2022 (2023) di Stadion Zheziang Normal University East, Ahad (24/9/2023) sore WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia U-24 kalah 0-1 saat menghadapi Korea Utara pada laga pamungkas Grup F Asian Games 2022 (2023) di Stadion Zheziang Normal University East, Ahad (24/9/2023) sore WIB. Gol pembeda diciptakan Kim Yusong. Hasil ini membuat Indonesia lolos ke babak 16 besar sebagai peringkat ketiga terbaik. Di babak berikutnya, Indonesia akan melawan Uzbekistan atau Hongkong (sebelumnya ditulis Uzbekistan namun, Uzbekistan harus kembali melawan Hongkong). 

Korea Utara memberikan inisiatif serangan di menit-menit awal pertandingan. Tapi belum ada ancaman berarti ka lini pertahanan Indonesia. Ri Ilsong beberapa kali mencoba mengeksploitasi pertahanan Indonesia dari sisi sayap kiri. Peluang pertama dimiliki Jang Kukchol dari situasi tendangan bebas di menit ke-8 tapi masih meleset dari sasaran.

Baca Juga

 

Korea Utara mendominasi serangan di 10 menit pertama. Tim asuhan Sin Yongnam mengobrak-abrik pertahanan Garuda Muda. Beberapa upaya berhasil membuat pertahanan Indonesia kelimpungan. Tapi beruntung belum ada peluang berbahaya ke gawang Indonesia yang mampu dikonversi menjadi gol oleh tim berjuluk skuad Chollima.

Di samping itu, Indonesia juga mulai beradaptasi dengan permainan. Skuad Garuda Muda mencoba menguasai bola lebih lama dan mengurung pemain Korea Utara untuk tetap di area pertahanan mereka sendiri. Ramai Rumakiek juga sempat membuka peluang untuk dirinya sendiri tapi masih belum menciptakan bahaya ke gawang Indonesia. 

Pemain Indonesia menguasai bola cukup lama untuk mencari ruang. Peluang pun dimiliki Ramai di menit ke-23, namun sepakannya masih terlalu lemah sehingga bisa dengan mudah diamankan oleh Kang Juhyok. Sejurus kemudian serangan balik dari Korut, Ri Joguk menerima umpan di tengah kotak dengan tandukan. Tapi itu masih meleset dari sasaran. 

Sepak pojok untuk Korea Utara di menit ke-39. Situasi itu membawa Korea Utara unggul dari kemelut di kotak penalti Indonesia. Bola mengarah kepada Kim Yusong yang berdiri bebas di depan gawang, ia pun dengan mudah mengarahkan bola ke sisi gawang yang tak terjangkau oleh Ernando. Skor 1-0 untuk Korea Utara.

Gol itu membuat permainan Indonesia semakin tertekan. Banyak kesalahan dan kontak fisik yang dilakukan oleh Robi Darwis dkk. Tekanan Korea Utara semakin bertubi-tubi, gawang Indonesia pun kembali kebobolan di menit ke-45, beruntung itu dianulir karana dua pemain Korea Utara berada dalam posisi offside. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum. 

Di babak kedua, Korea Utara tidak menurunkan intensitas permainan meraka. Tim asuhan Sin Yongnam masih terus mengejar tambahan gol lainnya untuk memperbesar keunggulan. Di samping itu, konsentrasi pemain Indonesia tampak menurun di mana mereka dengan mudah kehilangan bola di awal babak kedua.

Pertahanan Indonesia terus digempur oleh Korea Utara. Gelombang serangan dilancarkan dari sisi kiri maupun kanan, Ri Ilsong, Ri Joguk dan Kim Kukjin semuanya telah menjajal ketahanan dari Ernando Ari. Beruntung bagi Indonesia, kiper Persebaya Surabaya itu berulang kali melakukan penyelamatan penting untuk mengagalkan peluang Korut.

Garuda Muda kesulitan untuk keluar dari skema permainan Korea Utara. Indonesia baru mendapatkan peluang ke gawang Korea Utara di menit ke-75 saat umpan lambung dilepaskan oleh Alfeandra Dewangga melewati barisan pemain lawan. Namun Ramai yang berada di depan gagal menyambar umpan yang sedikit terlalu deras tersebut. 

Tidak ada perubahan pada papan skor setelah tambahan waktu lima menit. Indonesia kalah 0-1 dari Korea Utara. Namun, hasil ini cukup bagi Indonesia untuk maju ke babak 16 besar. Pasalnya, di partai sebelah Kirgistan berhasil menaklukan Taiwan dengan skor 4-1. 

 

Skor akhir laga pemungkas Grup F

Kirgistan 4-1 Taiwan 

Korea Utara 1-0 Indonesia

 

Kedudukan di Grup:

 

Korea Utara 9

Indonesia 3, SG 0

Kirgistan 3, SG -1

Taiwan 3, SG -3

 

Berikut adalah susunan pemain kedua tim:

 

Indonesia (4-4-2): Ernando Ari (kiper); Andy Setyo Nugroho, Rizky Ridho, Robi Darwis, Alfeandra Dewangga; Dony Tri Pamungkas, Rachmat Irianto, Muhammad Taufany Muslihuddin, Syahrian Abimanyu; Egy Maulana Vikri, Ramai Rumakiek 

Pelatih: Indra Sjafri 

 

Korea Utara (3-4-3): Kang Juhyok (kiper); Jang Kukchol, Kim Kyongsok, Kim Yusong; Ri Ilsong, Kang Kukchol, Paek Chungsong, Kim Kukbom; Kim Pumhyok, Ri Joguk, Kim Kukjin

Pelatih: Sin Yongnam

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement