Rabu 18 Oct 2023 06:15 WIB

Setelah Brunei, Ini 3 Lawan yang Harus Dihadapi Indonesia untuk Menuju Piala Dunia 2026

Perjalanan masih sangat panjang bagi timnas Indonesia.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pesepak bola Timnas Indonesia Shayne Elian Jay (kanan) menerima bola dari rekannya Ricky Kambuaya (tengah) dan berusaha dihadang pesepak bola Brunei Darussalam Muhammad Nur Asyraffahmi (kiri) dalam leg kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 babak pertama zona Asia di Hassanal Bolkiah National Stadium, Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam, Selasa (17/10/2023). Indonesia menang atas Brunei Darussalam dengan skor 6-0.
Foto:

Setelah tim nasional Irak dan Vietnam yang akan tergabung pada putaran kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Timnas Indonesia juga akan bersua tim kuda hitam Filipina, yang tentu tidak bisa dipandang sebelah mata.

Di atas kerta kekuatan Filipina masih tertinggal dari timnas Indonesia. Rujukannya, dalam delapan pertemuan terakhir, Filipina hanya bisa menang sekali atas Indonesia.

Sisanya tim berjuluk the Azkals empat kali menelan kekalahan dan tiga kali berakhir imbang. Terakhir, Filipina takluk dari Indonesia 1-2 dalam babak penyisihan Piala AFF 2022 lalu.

Tanpa mengurangi rasa hormat Filipina bukan negara jagoan di ASEAN. The Azklas masih berada di bawah bayang-bayang Vietnam, Malaysia, Thailand dan Indonesia.

Meski demikian Shin Tae-yong tidak boleh membiarkan anak asuhnya memandang sebelah mata Filipina. Teranyar, Daisuke Sato dan kawan-kawan baru saja mengalahkan Kirgistan pada laga uji coba akhir pekan kemarin.

Selain itu Filipina memiliki keuntungan lantaran beberapa pemain timnas mereka bermain di BRI Liga 1 Indonesia. Hal yang tentu dapat menjadi tolok ukur mereka dalam berjumpa dengan timnas di babak kualifikasi nanti.

Filipina sedang dalam performa menurun tahun ini. Dalam dua periode FIFA Matchday 2023, the Azkals keok tiga kali dari Kuwait, Yordania, Chinese Taipei dan hanya menang atas Nepal dan Kirgistan.

Filipina baru saja mengangkat Michael Weiss sebagai pelatih. Sebelumnya, pria asal Jerman itu pernah menangani The Azkals pada 2011 hingga 2014 dan terakhir memoles Timnas Laos pada 2021/2022.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement