Rabu 18 Oct 2023 06:15 WIB

Setelah Brunei, Ini 3 Lawan yang Harus Dihadapi Indonesia untuk Menuju Piala Dunia 2026

Perjalanan masih sangat panjang bagi timnas Indonesia.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pesepak bola Timnas Indonesia Shayne Elian Jay (kanan) menerima bola dari rekannya Ricky Kambuaya (tengah) dan berusaha dihadang pesepak bola Brunei Darussalam Muhammad Nur Asyraffahmi (kiri) dalam leg kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 babak pertama zona Asia di Hassanal Bolkiah National Stadium, Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam, Selasa (17/10/2023). Indonesia menang atas Brunei Darussalam dengan skor 6-0.
Foto:

Setelah mengukur kekuatan timnas Irak sebelumnya. Kini lawan yang patut diperhitungkan oleh pelatih Shin Tae-yong adalah Vietnam. Sebab, the Golden Warriors kerap jadi batu sandungan Sang Garuda.

Tidak bisa dimungkiri Vietnam kerap jadi momok menakutkan pun pemberi mimpi buruk bagi masyarakat pecinta kulit bundar Indonesia.

photo
Pesepak bola Tim Nasional Indonesia Marc Klok (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Tim Nasional Vietnam Pham Tuan Hai (kanan) dalam pertandingan leg 2 babak Semi Final Piala AFF 2022 di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Senin (9/1/2023). Indonesia gagal lolos ke babak final usai kalah 0-2 dari Vietnam. - (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Fakta menariknya di bawah besutan Park Hang-seo, Vietnam sempat terbang serta bersaing hingga putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. The Golden Warriors jadi satu-satunya negara ASEAN yang mampu mejeng ke babak tersebut.

Berbekal pengalaman yang dimiliki sang lawan. Tentu jelas Indonesia harus bersiap penuh mengarungi pertandingan berat melawan Vietnam meski kini mereka sudah dilatih oleh Philippe Troussier.

Vietnam sendiri langsung bermain di babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Pelatih asal Prancis, Troussier diprediksi bakal memanggil pemain langganan seperti Nguen Quang Hai, Que Ngoc Hai, dan juga Dang Van Lam.

Sejauh ini Troussier telah membawa timnas utama Vietnam bermain lima kali pada FIFA matchday Juni 2023 dengan mengantongi tiga kemenangan atas Hong Kong, Suriah, dan Palestina.

The Golden Warriors menelan dua kekalahan atas China 0-2 serta Uzbekistan 0-2. Pada partai selanjutnya mereka akan berhadapan melawan Korsel di ajang uji coba.

Sementara di matchday pertama Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Vietnam bersua Filipina pada 16 November mendatang.

Calon lawan terlemah... 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement