Rabu 18 Oct 2023 10:37 WIB
...

Telan Kekalahan Perdana, Brasil Turun ke Posisi 3 Klasemen Kualifikasi Piala Dunia 2026

Brasil pun tertinggal dua poin dari Argentina yang memuncaki klasemen sementara.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih timnas Brasil Fernando Diniz (kiri) berbincang dengan pemain bintangnya, Neymar, menjelang Kualifikasi Piala Dunia 2026.
Foto:

Brasil kembali dikejutkan dengan gol Uruguay, tepatnya pada menit ke-77. Kali ini, giliran Nunez yang menciptakan assist. Operan Nunez mampu dimanfaatkan Nicola de la Cruz dengan sepakan dari dalam kotak penalti. Seiring dengan kegagalan Brasil memecahkan kebuntuan hingga akhir laga, gol ini sekaligus menjadi gol terakhir di laga itu.

Dengan hasil ini, Brasil menelan kekalahan perdana di babak kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Amerika Selatan. Torehan kemenangan beruntun di dua laga awal kualifikasi Piala Dunia 2026 milik Brasil terhenti saat ditahan imbang Venezuela. Kegagalan memetik poin itu ternyata terus berlanjut di laga ini.

Akibat kekalahan dari Uruguay tersebut, Brasil melorot ke peringkat ketiga klasemen sementara Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona CONMEBOL. Meski mengemas tujuh poin dan sama-sama mengantongi selisih tiga gol, Brasil harus rela menyerahkan peringkat kedua klasemen sementara kepada Uruguay, yang unggul head to head.

Brasil pun tertinggal dua poin dari Argentina, yang memuncaki klasemen sementara. Selisih poin ini bisa bertambah apabila Albiceleste bisa membungkam Peru di laga keempat kualifikasi Piala Dunia 2026, yang digelar berselang beberapa jam pasca laga Brasil kontra Uruguay.

Tidak hanya soal kegagalan meraih poin, Brasil juga kehilangan salah satu pemain andalannya, Neymar, di laga ini. Bintang Al Hilal itu mengalami cedera dan harus ditarik keluar pada pengujung babak pertama. Neymar dilaporkan mengalami cedera lutut kiri dan terlihat menahan tangis kala dibawa keluar lapangan oleh tim medis.

Cedera lutut yang sempat dialami pemain berusia 33 tahun itu agaknya kembali kambuh. Hingga kini, tim medis timnas Brasil belum mengungkapkan kondisi terkini pemain berusia 33 tahun tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement