Senin 26 Sep 2011 15:00 WIB

Tanggal Ini, Debut Internasional Si Aerophobia Bergkamp

Rep: Ratna Puspita/ Red: Didi Purwadi
Dennis Bergkamp
Foto: AP
Dennis Bergkamp

REPUBLIKA.CO.ID,AMSTERDAM - Dennis Bergkamp melakoni debut internasionalnya untuk Belanda pada laga persahabatan melawan Italia, di Stadion Renzo Barbera, 26 September 1990 atau hari ini 21 tahun lalu.

Bergkamp memulai kariernya sebagai penyerang lubang bersama Ajax. Ia memenangi Piala Winners dan Piala KNVB pada 1987. Ia turut mengantar klub asal Amsterdam tersebut memenangi Eredivisie pada 1990. Penampilannya musim tersebut mengantarnya meraih penghargaan 'Pemain Paling Bertalenta Belanda' dan tampil kali pertama untuk Der Oranje.

Belanda menelan kekalahan 0-1 pada laga persahabatan melawan Italia di Palermo. Tapi, Bergkamp dalam perjalanannya masuk jajaran pencetak gol terbaik tim nasional Belanda.

Pemain yang mengidap aerophobia atau takut menumpang pesawat terbang ini memang gagal memenangi piala bersama Der Oranje. Namun, ia meraih sepatu emas pada Piala Eropa 1992.

Sepanjang kariernya bersama timnas Belanda, Bergkamp melesakan 37 gol dalam 79 penampilan internasional. Jumlah tersebut menjadikannya top skor Belanda ketika pensiun pada 2000 sebelum dipatahkan oleh Patrick Kluivert.

Bergkamp juga memenangi penghargaan ketika hengkang ke Inter Milan dan Arsenal. Bersama Nerazzurri, pria berusia 42 tahun ini memenangi Piala UEFA pada 1994. Khususnya dengan Arsenal, Bergkamp meraih tiga gelar Liga Primer dan empat Piala FA pada kurun 1995 hingga 2006.

Kini, ia dihubung-hubungkan akan kemballi bergabung dengan the Gunners. Bergkamp disebut-sebut bakal mengisi posisi dalam staf kepelatihan Arsene Wenger.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement