Rabu 04 Jul 2012 09:10 WIB

Spanyol 2014 Bertaburkan Wajah Baru

Euforia timnas Spanyol
Foto: dailymail
Euforia timnas Spanyol

MADRID -- Timnas Spanyol baru saja menjuarai Piala Eropa 2012 usai 'menyihir' Italia lewat permainan mengalir tiki taka. Mereka kini menatap Piala Dunia 2014 Brasil.

Beberapa penggawa Spanyol di Euro 2012 dipastikan berkepala tiga saat Piala Dunia digelar pada 2014 mendatang. Xavi Hernandez (32), pemain tertua Spanyol, menyakinkan dirinya masih bisa memperkuat Spanyol dua tahun lagi.

Xabi Alonso akan berusia 32 tahun pada 2014 dan Andres Iniesta akan genap berusia 30 tahun. Sementara, striker Fernando Torres dan kiper Iker Casillas dua tahun lagi akan berusia 33 tahun.

Alvaro Arbeloa akan berusia 31 tahun ketika Piala Dunia 2014 digelar. Bek Carles Puyol dan striker David Villa masing-masing akan berumur 36 tahun dan 32 tahun. Tapi, keduanya juga mengalami masalah cedera yang membuatnya gagal tampil di Euro 2012.

Namun demikian, barisan pertahanan Spanyol dipastikan masih diperkuat pemain-pemain muda. Di Piala Eropa 2012, Spanyol hanya kebobolan satu gol dalam 570 menit.

Gerard Pique akan berusia 27 tahun pada 2014, Sergio Ramos 26, Jordi Alba 25, David Silva 28, Juan Mata 26, dan Javi Martinez 25. ''Beberapa dari mereka akan mencapai puncaknya dan akan sangat menyeramkan,'' tulis goal. ''Spanyol bahkan akan semakin kuat lagi pada dua tahun mendatang.''

Wajah Baru

Di belakang semua nama tersebut, wajah-wajah baru akan bermunculan dalam skuat Spanyol. Duo penyerang Athletic Bilbao, Iker Muniain dan Ander Herrera, bersinar bersama timnas U21 Spanyol saat menjuarai Piala Eropa 2011.

Keduanya bersama rekan klubnya, Javi Martinez, berpeluang memperkuat Spanyol di Piala Dunia 2014. Sementara, Barcelona kembali mendominasi dengan menyumbangkan beberapa pemain belianya seperti Martin Montoya, Isaac Cuenca, Cristian Tello, Gerard Deulofeu dan Thiago Alcantara.

Real Madrid pun demikian. Bek sayap Dani Carvajal yang baru berusia 20 tahun kini sudah bisa bersaing masuk skuat inti Madrid. Sementara, striker Alvaro Morata (19) menunggu peluang di bawah kepemimpinan Jose Mourinho.

Di luar Barcelona dan Real Madrid, klub lainnya juga siap menyumbangkan pemainnya bagi skuat Spanyol 2014. Ada Adrian Lopez dari Atletico Madrid, Nacho Monreal dari Malaga, dan Oriol Romeu yang kini memperkuat Chelsea.

''Belum jelas siapa dari mereka yang akan memperkuat di 2014 dan 2016. Tapi, timnas spanyol pastinya tetap sama yakni tim yang diperkuat pemain-pemain muda,'' tulis goal. ''Jadi, Spanyol sepertinya akan semakin bersinar di Brasil. Karena, sebuah dinasti kini telah dibuat.''

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement