Jumat 06 Jul 2012 23:05 WIB

Igor Stimac Gantikan Slaven Bilic

Igor Stimac
Foto: AP/Darko Bandic
Igor Stimac

REPUBLIKA.CO.ID, ZAGREB -- Igor Stimac, mantan bek Derby County, resmi ditunjuk sebagai pelatih timnas Kroasia. Stimac menggantikan Slaven Bilic yang memilih mundur selepas perhelatan Piala Eropa 2012.

Bilic telah menangani timnas Krosia selama enam tahun. Di Euro 2012, Kroasia gagal menembus babak perempat final setelah hanya menempati posisi ketiga klasemen grup. Posisinya di bawah Spanyol dan Italia yang akhirnya melaju ke partai final.

Stimac, yang memperkuat Kroasia sebanyak 53 kali, kini memiliki target meloloskan Kroasia ke putaran final Piala Dunia 2014. Mereka akan mengawali laga kualifikasi lawan Macedonia pada 7 September. Skuat Igor Stimac berada di Grup A bersama Serbia, Belgia, Skotlandia dan Wales.

''Saya merasa bangga atas apa yang dilakukan Slaven Bilic dan pemain di Euro 2012,'' kata Stimac seperti dikutip uefa. ''Di Brasil dalam dua tahun mendatang, ada festival sepakbola dan Kroasia akan berada di sana. Saya akan berusaha mewujudkan hal tersebut.''

Stimac memperkuat klub Hajduk Split, Derby County dan West Ham United sebelum menjadi pelatih Hajduk, Cibalia dan NK Zagreb. Dia bersama Bilic membela timnas Kroasia selama periode 1990-an.

Anggota timnas Kroasia lainnya, Davor Suker, juga baru saja terpilih sebagai presiden Federasi Sepakbola Kroasia (HNS).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement