Jumat 02 Nov 2012 05:19 WIB

Newcastle: Selebrasi Sujud Terpopuler Keempat

Rep: Erik Purnama Putra/ Red: Fernan Rahadi
Demba Ba Bersujud
Foto: Youtube
Demba Ba Bersujud

REPUBLIKA.CO.ID, NEWCASTLE  --  Manajemen Newcastle United baru-baru ini merilis daftar selebrasi gol paling populer sepanjang sejarah klub itu. Dari lima selebrasi paling fenomenal yang layak dikenang itu, gaya sujud syukur menempati urutan keempat.

Demba Ba dan Papiss Cisse adalah dua pemain yang memopulerkan selebrasi sujud syukur. Pada musim lalu, kedua penyerang itu total melesakkan 29 gol dan hampir dari semua gol yang dicetak duo penyerang timnas Senegal itu dirayakan dengan cara berlari ke pojok lapangan.

Setelah Ba mencium rumput stadion, lalu Cisse akan mengikutinya. Kadang keduanya berbarengan melakukan sujud syukur sebagai ungkapan rasa terima kasih kepada Allah SWT. Keduanya memang selama ini dikenal sebagai pesepakbola Muslim yang taat.

Musim ini, Ba sudah melesakkan tujuh gol dan memuncaki daftar top skorer Liga Primer Inggris bersama Robin van Persie. Gol terakhirnya ke gawang West Bromwich Albion (WBA) pada Ahad (28/10), juga dirayakan dengan sujud syukur di pojok lapangan.

Atas dasar itu, pada musim lalu pelatih Alan Pardew menyampaikan ide untuk membuat mushola di dalam Sports Direct Arena, kandang Newcastle. Tujuan Pardew adalah untuo menghormati empat pemain Muslim Newcastle, yaitu Ba, Cisse, Cheik Tiote, dan Hatem Ben Arfa.

Karena keunikan selebrasi itu pula Electronic Arts, perusahaan pembuat game sepak bola memasukkan selebrasi Ba dan Cisse itu ke dalam FIFA 13.

Adapun selebrasi paling populer di Newcastle adalah selebrasi penyerang legendarisnya, Alan Shearer. Mantan kapten timnas Inggris itu dikenal suka merayakan gol dengan mengangkat tangan kanannya

Peringkat kedua ditempati Temuri Ketsbaia yang melakulan selebrasi seperti orang frustasi. Sesuai mencetak gol ke gawang Bolton Wanderers musim 1998, ia mencopot kaos kemudian menendang papan iklan di pinggir lapangan. Peman Georgia itu bahkan sampai harus ditenangkan tiga rekannya untuk tidak lupa diri.

Selebrasi penyerang asal Kolombia, Faustino Asprilla, yang gemar berlari ke pojok lapangan dan memainkan bendera penjuru menempati urutan ketiga.

Peringkat kelima, atau setelah selebrasi Ba dan Cisse, ditempati selebrasi lucu Kevin Nolan yang disebut 'Quack'. Gelandang serang yang kini bermain di West Ham itu menampilkan gerakan menari gaya ayam yang kemudian hari diikuti pemain lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement