Rabu 16 Jan 2013 07:43 WIB

Swansea Datangkan Roland Lamah

Rep: Irfan Fitrat/ Red: M Irwan Ariefyanto
Roland Lamah
Foto: thisissouthwales.co.uk
Roland Lamah

REPUBLIKA.CO.ID,SWANSEA--Gelandang asal Belgia, Roland Lamah, akan memulai petualangan baru di kompetisi Liga Primer Inggris. Swansea City sudah sepakat untuk meminjam pemain berusia 25 tahun itu dari klub Spanyol, Osasuna.

Swansea meminjam Lamah selama 18 bulan. Namun, klub yang berbasis di Wales ini mempunyai opsi untuk mempermanenkan status amunisi anyarnya itu selama masa peminjaman. Lamah sudah melalui tes medis dan akan segera bergabung dengan tim besutan pelatih Michael Laudrup. "Ini merupakan kesempatan bagus bagi saya," kata Lamah, seperti dilansir laman resmi Swansea, Selasa (15/1).

Lamah memulai karier profesionalnya bersama tim asal Belgia, Vise, pada 2003. Semusim di sana, gelandang yang juga bisa bermain sebagai winger ini kemudian hengkang ke Anderlecht. Lamah lalu menjajal kompetisi Liga Prancis bersama Le Mans dan pada 2011 bergabung dengan Osasuna. Musim lalu, ia tampil dalam 23 pertandingan La Liga dan bisa menyumbangkan satu gol.

Pada musim 2012/13, Lamah sudah turun dalam 15 pertandingan di La Liga dan menyumbangkan dua gol. Performanya ini ternyata menarik perhatian Laudrup. Arsitek asal Denmark ini akhirnya memutuskan memboyong Lamah untuk membangun kekuatan the Swans. "Bermain di bawah arahan Laudrup sangat luar biasa bagi saya," kata dia.

Lamah sudah tidak sabar untuk membela klub barunya. Namun, pemain berdarah Pantai Gading ini harus bersabar untuk memulai debutnya bersama Swansea. Laudrup masih belum bisa menurunkan Lamah dalam laga ulangan babak ketiga Piala FA melawan Arsenal, tengah pekan ini. Lamah kemungkinan bisa mendapatkan kesempatan pertamanya turun bertanding dalam laga melawan Stoke di ajang Liga Primer Inggris, akhir pekan nanti.

Chairman Swansea, Huw Jenkins, senang bisa merampungkan proses kepindahan Lamah. Ia menjadi pembelian pertama the Swans pada bursa transfer Januari ini. Menurut Jenkins, Swansea memang sudah memantau Lamah selama ini. "Dia pemain yang mempunyai kemampuan berbeda dari yang kami miliki saat ini," kata dia.

Kedatangan Lamah sebelumnya sudah mendapat sambutan dari gelandang the Swans, Jonathan de Guzman. Seperti dilansir Sky Sports, Senin (14/1), De Guzman berpendapat, mantan penggawa tim nasional Belgia U-21 itu akan menambah kekuatan timnya. Ketika masih memperkuat Feyenord, de Guzman sempat melihat permainan Lamah yang menjadi pemain pinjaman di Roda JC. "Dia pemain yang kuat, bisa mencetak gol dan kecepatannya bagus," kata dia.

De Guzman meyakini, Lamah akan bisa segera menyesuaikan diri dengan pasukan the Swans. Kehadirannya dapat menambah opsi Laudrup untuk mengisi lini kedua. Sang pelatih juga bisa mendorong Lamah lebih ke depan untuk membantu meningkatkan daya dobrak timnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement