Kamis 07 Mar 2013 18:18 WIB

Faizal Bawa Persepar Raih Kemenangan Perdana

Persepar Palangkaraya
Foto: premierleague.co.id
Persepar Palangkaraya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ahmad Faizal tampil sebagai pahlawan ketika Persepar menjamu PSM Makassar di Stadion Tuah Pahoe, Palangkaraya, Kamis (7/3) sore. Striker bernomor punggung 27 itu mencetak gol di menit 55 sekaligus membawa timnya meraih kemenangan perdana di ajang Indonesian Premier League (IPL) 2013. Meski di menit-menit akhir kedua tim saling berbagi peluang, namun hingga wasit Heri Mulyono meniup peluit panjang skor 1-0 tidak berubah.

Bagi Persepar, ini merupakan kemenangan pertama setelah di pertandingan sebelumnya dikalahkan Perseman 2-0. Sebaliknya PSM telah tiga kali kalah, masing-masing dari Perseman (0-1), Persibo (0-2), dan terakhir ditundukkan Persepar.

Mengandalkan Antonio Teles, William Moreno dan Abdul Abanda Rahman, Persepar langsung tancap gas. Peluang pertama Persepar didapat dari tendangan bebas namun masih bisa dipatahkan kiper PSM, Denny Marcel.

Beberapa menit kemudian PSM kembali terancam, kali ini tembakan pemain tuan rumah masih membentur tiang gawang. Tim tamu yang bermain tanpa tiga pemain inti yakni Andi Oddang, Satrio Syam dan Hendra Wijaya hanya sesekali memberikan ancaman berarti bagi Persepar. Duet kakak-adik Ilija Spasojevic dan Mirko Spasojevic sulit membawa bola ke gawang akibat ketatnya benteng tuan rumah.

Masuk babak kedua PSM memasukkan Fandy Edy untuk menggantikan Mirko, tapi tidak terlalu berpengaruh banyak. Beberapa tendangan pemain PSM memang sempat mengarah ke gawang. Namun karena terlalu lemah, kiper Decky Adrian mudah saja mengamankan gawangnya.

Persepar akhirnya mampu membuat sekitar 7.000 pendukungnya bersorak pada menit ke-55. Umpan Antonio Teles diselesaikan dengan sempurna oleh Ahmad Faizal, striker yang masuk menggantikan Bayu Pradana. PSM sempat mencuri peluang terakhir lewat Febre Santis, namun sundulan stopper asing itu melenceng dari sasaran.

"Terimakasih untuk seluruh suporter Persepar, berkat dukungan mereka target mengamankan tiga poin tercapai. Sore ini anak-anak main enjoy dan tanpa beban, itu kunci kemenangan kami atas PSM," kata pelatih Persepar Eddy Simon Badawi usai pertandingan. Diakui, dalam laga perdana melawan Perseman para pemainnya masih dihinggapi rasa grogi.

"Maklumlah, Persepar kan tim debutan. Tadi anak-anak mainnya lepas, aliran bola juga lancar," sambungnya. Sebaliknya, pelatih PSM Petar Segrt mengakui tuan rumah memang main bagus. Diakui pria asal Kroasia itu, absennya beberapa pemain inti membuat kekuatan PSM tereduksi. "PSM tadi juga banyak peluang. Harusnya bisa cetak tiga gol tapi sayang semuanya membentur gawang. Selamat untuk Persepar," ujar Petar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement