Selasa 16 Jul 2013 00:02 WIB

Kisah Pemain Muda Indonesia di Rumania (Bagian 1)

Gavin Kwan Adsit
Foto: seputartimnas.com
Gavin Kwan Adsit

REPUBLIKA.CO.ID, CLUJ-NAPOCA -- Pemain muda Indonesia, Gavin Kwan Adsit, saat ini telah berada di Rumania untuk mengikuti tes masuk untuk bergabung dengan salah satu klub tenar di negara tersebut, CFR Cluj. ROL, yang melakukan korespondensi langsung dengan Gavin melalui surat elektronik (surel), mendapatkan cerita eksklusif dari pemain yang baru berusia 17 tahun tersebut.

"Salam kenal. Saat saat ini berada di Airport Bucharest menunggu keberangkatan ke Cluj," tulis Gavin dalam pembukaan surelnya, Senin (15/7) malam.

Tidak seperti yang diberitakan sebelumnya, Gavin ternyata tidak otomatis akan langsung menandatangani kontrak dengan klub yang musim lalu berlaga di Liga Champions Eropa tersebut. Ia harus bersaing dengan tiga pemain Australia yang tinggal bersamanya di Rumania.

"Ternyata ada persaingan juga. Tiga pemain dari Australia juga berada dengan saya. Saya belum dapat kontrak apapun untuk di sini, tetapi mereka (Cluj) membiayai untuk menetap di sana," tuturnya.

Pemain yang pernah mengikuti pelatihan di akademi AS Roma itu pun bercerita awal mula bagaimana ia bisa dipanggil oleh jawara Liga Rumania 2008, 2010, dan 2012 tersebut. Semua berawal dari November tahun lalu saat ia mengikuti trial selama sepekan di Cluj.

"Tahun lalu bulan November saya trial di Cluj selama satu minggu. Saat itu mereka suka dan berkata mereka akan mengajak lagi musim mendatang (karena waktu itu musim sudah selesai). Sekarang hal itu terjadi," katanya.

Ia pun kini tak mau berpikir muluk-muluk terkait kemungkinan berkarier di Eropa. "Sekarang saya hanya mau fokus dulu untuk bisa masuk ke CFR," kata salah satu penggawa Timnas U-19 tersebut. "Saya juga berdoa agar teman-teman dan pelatih di Timnas U-19 sukses di AFF nanti," tutupnya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement