Selasa 23 Jul 2013 12:01 WIB

Kisah Pemain Muda Indonesia di Rumania (Bagian 2)

Gavin Kwan Adsit,
Gavin Kwan Adsit,

REPUBLIKA.CO.ID, CLUJ-NAPOCA -- Pemain muda Indonesia, Gavin Kwan Adsit, saat ini telah berada di Rumania untuk mengikuti tes masuk untuk bergabung dengan salah satu klub tenar di negara tersebut, CFR Cluj.

ROL, yang melakukan korespondensi langsung dengan Gavin melalui surat elektronik (surel), mendapatkan cerita eksklusif dari pemain yang baru berusia 17 tahun tersebut. Di bawah ini adalah bagian kedua setelah surat pertama dikirimkan 15 Juli lalu.

"Hai, maaf sudah lama tak dibalas," tulis Gavin di awal surel keduanya kepada ROL, Selasa (23/7) dini hari WIB.

Tidak seperti telah banyak diberitakan media-media massa nasional, ternyata Gavin sama sekali belum memperoleh kepastian akan mendapatkan kontrak di klub peserta Liga Champions Eropa musim lalu tersebut. Ia bahkan mesti bersaing dengan sejumlah pemain dari beberapa negara.

"Ternyata ada banyak pemain asing yang lain seperti dari Arab Saudi, Italia, Kanada, Amerika Serikat, dan Peru," lanjut Gavin.

Gavin, yang selama disana dibiayai oleh Cluj, mengatakan bahwa beradaptasi dengan level bermain di Eropa cukup sulit . Tidak seperti di Indonesia, kata dia, budaya sepak bola di negara Asia Timur itu adalah permainan keras dan bertenaga.

"Kecepatan permainan di sini lebih tinggi dan lebih agresif. Saya harus menghadapi para pemain yang usianya di atas saya dari usia 18 tahun hingga 23 tahun," tuturnya.

Ia pun mengungkapkan bahwa musim depan ia dan beberapa pengikut seleksi yang lain akan diberi kesempatan Cluj untuk berlaga di tim cadangan yang berkompetisi di Divisi 3 Rumania. "Musim akan dimulai lima minggu lagi," ujarnya.

Gavin pun mengatakan telah menjelajah kota Cluj-Napoca sejak kedatangannya lebih dari sepekan lalu. "Kami semua tinggal di sebuah apartemen yang berada di gunung dimana kota terlihat berada di bawah. Apartemen tersebut berjarak tiga menit dari tempat latihan dan enam menit dari stadion," katanya.

Bersamaan dengan surel keduanya, Gavin mengirimkan fotonya saat menjalani latihan pertama di Cluj.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement