Rabu 15 Jan 2014 09:24 WIB

Pencetak 'Gol Hantu' Liverpool Pensiun

Luis Garcia sesaat mencetak 'gol hantu' ke gawang Chelsea di Liga Champions.
Foto: live4liverpool.com
Luis Garcia sesaat mencetak 'gol hantu' ke gawang Chelsea di Liga Champions.

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Mantan winger Liverpool Luis Garcia mengumumkan pensiun dari lapangan hijau pada usia 35 tahun. Pemain asal Spanyol itu terkenal berkat 'gol hantu' yang dicetaknya ke gawang Chelsea pada semifinal Liga Champions musim 2004/2005.

Garcia memperkuat Liverpool hanya tiga musim sejak 2004 hingga 2007. Akan tetapi ia sanggup mempersembahkan sebuah gelar prestisius yakni Liga Champions pada tahun 2005.

Ia direkrut oleh manajer Liverpool saat itu, Rafa Benitez, senilai 6 juta poundsterling pada awal musim 2004/2005 dari Barcelona. Ia kemudian dijual pada akhir musim 2006/2007 ke Atletico Madrid di saat performanya mulai menunjukkan grafik menurun.

Selama memperkuat Liverpool, ia mencetak 30 gol dalam 121 laga. Namun golnya yang paling diingat adalah yang membuat The Reds mengalahkan Chelsea, yang saat itu dilatih Jose Mourinho, di semifinal Liga Champions musim 2004/2005. Golnya itu dianggap Mourinho sebagai 'gol hantu' karena William Gallas terlihat berhasil membuang bola yang melintasi garis gawang.

Selepas memperkuat Atletico Madrid, ia sempat memperkuat Racing Santander, Panathinaikos, Puebla, dan terakhir Pumas UNAM. Dua yang disebut terakhir adalah klub Meksiko.

"Hari ini saya mengumumkan pensiun sebagai pesepakbola profesional. Saya berterima kasih kepada tim-tim yang meminati saya dalam beberapa pekan terakhir, namun saya kira ini adalah waktu untuk mengakhiri babak penting dalam hidup saya dan beralih ke halaman selanjutnya," ujar Garcia.

"Saya berterima kasih kepada Liverpool, yang membuat saya menjalani sejarah sepak bola internasional dan menjadi bagian dari keluarga mereka selamanya," tambah pemain binaan akademi Barcelona itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement