Rabu 24 Sep 2014 18:07 WIB

Pesepak Bola Dunia Berbondong-bondong ke India

Rep: C65/ Red: Erik Purnama Putra
Robert Pires, salah satu pemain yang berlaga di ISL.
Foto: Reuters
Robert Pires, salah satu pemain yang berlaga di ISL.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Liga Super India (ISL) siap mengawali pembukaannya pada 12 Oktober nanti. Hal itu terjadi berkat adanya dukungan berbagai sponsor utama dan juga organisasi beberapa klub dan liga di Eropa. Sebanyak delapan tim yang menggunakan sistem waralaba telah dibentuk, masing-masing memiliki hak membawa pemain klub besar.

Akibatnya, veteran bintang sepak bola seperti Alessandro Del Piero, Freddie Ljungberg, Robert Pires, Nicolas Anelka, David James, Joan Capdevila, dan Elano tertarik untuk beralih ke India bersama orang-orang seperti Zico dalam kapasitasnya sebagai pelatih dan Marco Materazzi sebagai pelatih pemain.

Di India, sepak bola merupakan olahraga minoritas. Negeri Bollywood tersebut masih menggemari kirket sebagai olahraga utama dan favoritnya. Bahkan, sama seperti Italia yang menjadikan sepak bola, seperti agama, India pun begitu, kriket tak ubahnya seperti agama yang dianut penduduknya.

 

Namun, angin perubahan bertiup. Dengan adanya kepopularitasan Liga Premier Inggris, bergabungnya media olahraga Amerika IMG dengan beberapa pengusaha India, membuat titik cerah akan bersinarnya sepak bola di India.

Bahkan, nama besar pemain bollywood seperti Ranbir Kapoor dan Salman Khan, serta mantan pemain kriket Sachin Tendulkar dan Sourav Ganguly ikut ambil andil dengan menjadi pemilik klub guna membangkitkan dunia sepak bola di negara kriket ini, demikian laporan Marca.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement