Kamis 05 Mar 2015 20:18 WIB

BOPI: Urus Rekomendasi Klub Itu Gratis

Rep: C61/ Red: Citra Listya Rini
Indonesia Super League (ISL)
Foto: sonnapriliano.wordpress.com
Indonesia Super League (ISL)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  --  Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) kembali menerbitkan rekomendasi untuk laga uji coba pramusim.  Ada dua pertandingan sekaligus yang direstui BOPI, yaitu Persip Pekalongan versus Persebaya Surabaya dan PSIS Semarang menjamu Bali United Pusam.

Partai Persip-Persebaya akan digelar di Stadion Kota Batik Pekalongan, Jumat (6/3) sore. Adapun duel PSIS-Bali United diadakan di Stadion Jatidiri Semarang pada Ahad (8/3) sore.

"Sekali lagi, kami tekankan bahwa BOPI selalu berupaya membantu mencarikan solusi selama pemohon rekomendasi kooperatif dan berkomitmen memenuhi persyaratan. Buktinya sudah tiga rekomendasi kami berikan meskipun pengajuannya mepet, kami tetap layani,” kata Sekretaris jenderal BOPI, Heru, Kamis (5/3).

Terkait terbitnya tiga rekomendasi itu, Heru sekaligus menegaskan bahwa tidak ada pungutan apapun.. BOPI hanya ingin membangun industri olahraga profesional yang transparan dan bermartabat. 

Maka tak ada alasan untuk tidak meminta rekomendasi BOPI, baik untuk laga uji coba maupun turnamen.  “Kami pastikan tidak ada biaya untuk mengurus rekomendasi,” tegas Heru.

Kalaupun kelak ada aturan tarif untuk pengurusan rekomendasi, Heru menjamin hal itu akan ditetapkan secara resmi melalui keputusan menteri. Pengurusan tanpa biaya itu bahkan sebetulnya sudah lama diterapkan BOPI untuk permohonan rekomendasi pertarungan tinju, tarung bebas, golf, dan sejumlah kegiatan olahraga profesional lain.

Heru memberikan contoh, yaitu pada laga Bali United-Persib Bandung.  Pengajuan rekomendasi  laga uji coba tersebut  terbilang mepet. Namun BOPI tetap memprosesnya dan kemudian mengeluarkan rekomendasi agar bisa berlangsung sesuai jadwal.

Maka sebenarnya, BOPI tidak sama sekali mempersulit pengeluaran rekomendasi kepada pihak yang membutuhkan. Tidak hanya itu, kini BOPI juga tengah menyiapkan mekanisme pengajuan rekomendasi secara online. 

 

Klasemen Liga 1 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 7 5 2 0 7 5 17
2 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 6 4 2 0 10 7 14
3 Bali United Bali United 7 4 2 1 12 6 14
4 Persib Bandung Persib Bandung 6 3 3 0 11 6 12
5 PSM Makassar PSM Makassar 6 3 2 1 8 5 11
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement