Jumat 25 Mar 2016 00:28 WIB

14 Hal yang Perlu Diketahui tentang Johan Cruyff

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: M Akbar
Johan Cruyff
Foto:

Berikut 14 hal yang perlu anda ketahui tentang Johan Cruyff.

1. Johan Cruyff bergabung dengan akademi Ajax pada usia 10 tahun. Awalnya, ia lebih suka bermain bisbol. Ketika pelatih mendesaknya untuk memilih sepakbola, lima tahun kemudian ia fokus pada karir di Ajax.

2. Debutnya ditandai dengan mencetak gol untuk klub Amsterdam, saat kalah 1-3 dari klub GVAV. Sebelum menjadi pemain handal, ia bermain untuk klub sepakbola di Belanda.

3. Cruyff muda adalah remaja pembangkang. Contohnya, ia bertahan dengan nomor punggung 14 meskipun pemerintah Belanda menuntutnya mengenakan nomor 11.

4. Saat pertandingan liga pada November 1970, ia mencetak enam gol untuk Ajax saat melawan AZ Alkamaar dengan skor akhir 8-1. Kemudian karirnya terus melejit dalam dunia sepakbola Belanda.

5. Pada musim panas 1973, setelah menjadi salah satu pemain paling bersinar, Cruyff bergabung dengan pasukan Spanyol di klub Barcelona dengan bayaran 6 juta gulden, biaya yang tidak sedikit saat itu.

6. Kostumnya dengan nomor 14 memunculkan kontroversi menjelang Piala Dunia 1974. Cruyff menolak mengikuti aturan yang akan mengurutkan nomor berdasarkan abjad, sebab ia tidak akan mendapat nomor punggung 14.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement