Senin 05 Sep 2016 08:04 WIB

Jengah Dibandingkan, Ventura Banggakan Kiprahnya Bersama Torino

Rep: Febrian Fachri/ Red: Israr Itah
Giampiero Ventura
Foto: EPA/ATEF SAFADI
Giampiero Ventura

EEPUBLIKA.CO.ID, TEL AVIV -- Giampiero Ventura akan membuat debutnya mendampingi Italia pada laga kualifikasi Piala Dunia 2018 melawan Israel, Selasa (6/9) dini hari WIB. Pada laga perdananya bersama Italia saat beruji coba melawan Prancis akhir pekan kemarin, Ventura menuai hasil tak memuasakan karena timnya kalah 1-3. 

Banyak kritikus sepak bola Italia yang membanding-bandingkan Ventura dengan pendahulunya Antonio Conte. Salah satu indikator pembanding adalah Conte mempersembahkan tiga gelar Scudetti untuk Juventus sebelum mengambil alih posisi pelatih Azzurri.

Sementara Ventura ditunjuk melatih Antonio Candreva dan kawan-kawan dengan CV belum pernah menjadi juara liga. 

“Saya banyak mendengar mereka membicarakan Conte dengan tiga gelar liga sebelum melatih timnas. Itu memang bagus,” kata Ventura, dikutip dari Football Italia, Senin (5/9).

Tapi Ventura juga tak mau kalah. Walau nihil Scudetto, pelatih 68 tahun itu merasa juga punya catatan positif yang turut berkontribusi untuk Italia. Salah satu yang disebutkan Ventura adalah, ia selalu berhasil mengorbitkan pemain berbakat yang menjadi bintang. 

Kata Ventura, tak sedikit pemain binaannya yang dibeli tim-tim besar dan dipanggil ke tim nasional. Lima tahun membesut Torino, Ventura telah menghasilkan Cirro Immobile, Angelo Ogbona, Matteo Darmian, dan Alessio Cerci. 

“Saya sudah menghasilkan jutaan euro dengan menjual pemain hebat. Pemain yang juga bermain untuk Italia,” kata Ventura. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement