Rabu 30 Nov 2016 12:29 WIB

5 Kecelakaan Pesawat yang Pernah Menimpa Tim Sepak Bola Dunia

Rep: Gilang Akbar Prambadi/Agus Raharjo/ Red: Israr Itah
Tim Chapecoense.
Foto:

Tragedi Superga

Sebuah tragedi kecelakaan pesawat dialami klub Liga Italia, Torino pada 4 Mei 1949. Seluruh pemain, staf maupun wartawan yang dibawa dalam pesawat dinyatakan meninggal. Tragedi ini terjadi setelah Torino menggelar laga persahabatan dengan klub Portugal, Benfica di Kota Lisabon. 

Pesawat yang mereka tumpangi menabrak dinding Basilika Superga. Hasil investigasi mengungkap pesawat kurang visibilitas sehingga terbang terlalu rendah. Tragedi yang dialami klub Torino dikenal sebagai Tragedi Superga. Akibat kecelakaan ini, timnas Italia kehilangan kekuatan. Sebab, banyak pemain Azzurri berasal dari Torino saat itu. 

Tragedi Muenchen

Tragedi mengharukan terkait kecelakaan pesawat juga pernah menimpa raksasa Inggris Manchester United (MU). Pada 6 Februari 1958, pasukan Iblis Merah hendak mendarat di Bandara Munich-Riem, Muenchen, Jerman untuk berhenti sementara guna mengisi bahan bakar usai terbang dari Beograd, Yugoslavia. Sebelumnya, di Yugoslavia mereka melakoni laga melawan Red Star Belgrade dalam sebuah turnamen Eropa.

Namun, setelah pengisian bahan bakar selesai, pesawat yang hendak lepas landas menuju Inggris malah tergelincir di lintasan bandara. Akibatnya, pesawat menabrak pagar pembatas dan bangunan di sekitar bandara. Sebanyak 20 dari 44 penumpang tewas. Delapan di antaranya adalah penggawa MU yang dulu dikenal sebagai bagian dari era kejayaan Sir Matt Busby.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement