Rabu 30 Nov 2016 12:29 WIB

5 Kecelakaan Pesawat yang Pernah Menimpa Tim Sepak Bola Dunia

Rep: Gilang Akbar Prambadi/Agus Raharjo/ Red: Israr Itah
Tim Chapecoense.
Foto:

Deportes Green Cross

Tiga tahun setelah kabar kecelakaan di Eropa, pada 3 April 1961 insiden serupa terjadi di Cile, Amerika Selatan. Saat itu klub setempat Deportes Green Cross mengalami kecelakaan di Pegunungan Andes. Tercatat 24 penumpang tewas, delapan di antara korban adalah anggota tim Deportes Green Cross.

Alianz

Pada 8 Desember 1987, klub asal Peru, Alianza harus kehilangan seluruh pemain, pelatih, dan ofisial yang ikut dalam penerbangan Fokker F27-400M. Pesawat yang disewa khusus membawa 44 penumpang termasuk anggota tim Alianz yang terdiri dari 16 pemain tewas jatuh di Samudera Pasifik. Uniknya, hanya sang pilot, Lieutenant Edilberto Villar yang selamat dalam insiden ini.

Timnas Zambia

Kecelakaan yang melibatkan Timnas Zambia ini terjadi pada 27 April 1993. Saat itu Timnas Zambia hendak terbang ke Senegal untuk melakoni laga kualifikasi Piala Dunia di Kota Dakar, Senegal menggunakan Zambian Air Force de Havilland Canada DHC-5D Buffalo. Namun, pesawat militer yang mereka tumpangi jatuh di Samudera Atlantik.

Sebanyak 30 penumpang dan kru tewas. Ada 18 pemain Timnas Zambia yang ikut jadi korban. Tragedi ini sangat disayangkan karena saat itu dunia sedang dihibur oleh kekuatan baru asal Afrika dalam permainan yang ditunjukkan Zambia. Kala itu, anggota dari tim yang sama membantai Italia di Olimpiade Seoul 1988 dengan skor 4-0. Langkah mereka menuju Piala Dunia juga amat menjanjikan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement