Kamis 09 Feb 2017 08:50 WIB

Klub Jerman Astoria Walldorf Cetak Sejarah Pergantian Pemain Keempat

Rep: Agus Raharjo/ Red: Israr Itah
Tim Astoria Walldorf
Foto: EPA/UWE ANSPACH
Tim Astoria Walldorf

REPUBLIKA.CO.ID, WALLDORF — Klub liga keempat Jerman, Astoria Walldorf mencetak sejarah dalam sepak bola sebagai tim pertama yang membuat pergantian keempat dalam satu pertandingan resmi. Astoria Walldorf membuat pergantian keempat dengan memasukkan Benjamin Hofmann pada masa tambahan waktu dalam laga DFB Pokal, Selasa (7/2) kemarin.

Dalam laga yang diakhiri dengan drama adu penalti tersebut, Walldorf akhirnya harus kalah dari klub yang berkompetisi di divisi dua Liga Jerman, Arminia Bielefeld.

Asosiasi Sepak Bola Jerman (DFB) sebelumnya mengumumkan seluruh klub yang masuk kompetisi ini dapat membuat pergantian keempat pemain padamasa tambahan waktu, Desember lalu. Kebijakan ini sedang dijadikan proyek percontohan untuk diajukan sebagai aturan sepak bola yang baru.

“Saya kira itu ide bagus. Kalau sesuatu terjadi pada babak tambahan waktu, pemain mendapat cedera misalnya, akan berpengaruh pertandingan kalau tim Anda sudah mengganti tiga pemain,” tutur Ketua Asosiasi Sepak Bola Eropa, Karl-Heinz Rummenigge pada Sport Bild dikutip ESPN FC, Kamis (9/2).

Asosiasi Dewan Sepak Bola Internasional (IFAB) saat ini tengah membahas usulan ini. Maret lalu, aturan ini juga disetujui untuk membuat tambahan pergantian pemain pada masa perpanjangan waktu pada pertandingan di Olimpiade Rio de Janeiro. Empat pergantian pemain juga akan diizinkan untuk dilakukan pada Piala FA setelah memasuki babak perempat final. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement