Kamis 23 Mar 2017 22:42 WIB
Kualifikasi Piala Dunia 2018

Gol Yu Dabao Tandai Kemenangan Perdana Lippi dan Cina

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Andri Saubani
Pemain timnas Cina, Yu Dabao merayakan golnya ke gawang Korea Selatan pada laga babak Kualifikasi Piala Dunia 2018 di  He Long, Kamis (23/3). Cina menang 1-0.
Foto: Color China Photo via AP
Pemain timnas Cina, Yu Dabao merayakan golnya ke gawang Korea Selatan pada laga babak Kualifikasi Piala Dunia 2018 di He Long, Kamis (23/3). Cina menang 1-0.

REPUBLIKA.CO.ID,  CHANGSA – Timnas Cina sukses merengkuh kemenangan pertama mereka pada babak kualifikasi Piala Dunia 2018 setelah menaklukkan Korea Selatan di stadion He Long, Kamis (23/3) malam WIB. Kemenangan 1-0 tersebut membuat Cina masih bisa memupuk asa untuk lolos ke Rusia karena kini punya tabungan lima angka.

Ini jadi kemenangan manis bagi Cina sejak ditangani oleh pelatih kenamaan asal Italia, Marcelo Lippi. Pelatih 68 tahun ini mengambil alih kursi nahkoda timnas Cina dari Gao Hongbo yang sebelumnya hanya mampu meraup dua angka dari lima laga.

Atas kemenangan ini, Cina memang masih terpaut enam angka dari pemimpin klasemen, Iran. Akan tetapi, dengan sisa empat laga penyisihan di Grup A kawasan Asia, tim Tirai Bambu masih punya peluang besar untuk lolos.

Pencetak gol kemenangan Cina, Yu Dabao senang timnya bisa menang atas tim kuat seperti Korea Selatan. "Kami dalam tekanan hebat sebelum laga. Tapi kini semua terasa lega," kata dia dikutip dari Xinhuanet, Kamis.

Penyerang berusia 28 tahun ini yakin, tiga angka dari laga kontra pasukan Negeri Ginseng akan jadi pondasi kuat timnya menyelesaikan sisa laga yang ada. Secara khusus Yu menyampaikan rasa terima kasih kepada Lippi yang selalu yakin kepadanya. "Ini jadi sesuatu yang sangat penting. Terima kasih kepada pelatih karena percaya kepada saya," kata Yu.

Timnas Cina memang menjadi sorotan karena gempitanya pembelian pemain yang dilakukan liga mereka setahun terakhir. Lippi yang sukses bersama klub Cina, Guangzhou Evergrande dengan meraih tiga gelar Liga Super Cina dan Liga Champions Asia 2013 pun dianggap berani mau jadi pelatih Yu dan kawan-kawan.  Terlebih, pelatih yang membawa Italia juara Piala Dunia 2006 ini juga sudah lama tak melatih. Itu karena dia sempat mengumumkan pensiun pada November 2014 silam.

Gol Yu Dabao ke gawang Korea Selatan. (Sumber: Youtube)

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement