Ahad 23 Apr 2017 15:19 WIB

10 Fakta Menarik El Clasico

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Israr Itah
Barcelona Vs Real Madrid

5. Tidak ada skor 0-0 selama 15 tahun 

Hasil imbang 0-0 dalam duel El Clasico terakhir kali terjadi pada 23 November 2002 di Camp Nou. Di Bernabeu, laga tanpa gol berlangsung musim 1986/1987. Artinya, sudah 15 tahun terakhir duel El Clasico menggaransi terciptanya gol.

6. Tidak ada keunggulan kandang

Dalam tiga pertandingan terakhir, Barcelona menang di Bernabeu pada kunjungan terakhir mereka dengan skor 4-0. Real Madrid menang dengan skor 2-1 dan imbang 1-1 di Camp Nou. Artinya, faktor tuan rumah bukanlah keuntungan.

7. Gol Sergio Ramos dan Andres Iniesta

Sergio Ramos dan Andres Iniesta adalah pemain Spanyol terakhir yang mencetak gol untuk masing-masing tim dalam pertandingan di Bernabeu. Ramos melakukan hal itu dalam kemenangan 2-1 pada 2012/2013, sementara Iniesta mencetak gol dalam kemenangan 4-0 pada musim 2015/2016. 

8. Real Madrid selalu mencetak gol dalam 55 pertandingan berturut-turut

Kemenangan melawan Bayern Muenchen menandakan Real Madrid mencetak gol dalam 55 pertandingan berturut-turut. Di sisi lain, Barcelona bermain imbang 0-0 atas Juventus, dan juga tidak mencetak gol pada leg pertama. 

9. Kiprah Trio MSN dan BBC

Bagi Barcelona, ​trio ​MSN (Messi, Luis Suarez, dan Neymar) menjadi pencetak sebagian besar gol mereka. Messi dan Suarez masing-masing memiliki 29 dan 23 gol. Sementar Neymar memiliki sembilan gol. Ketiganya berhasil mencapai total 61 gol dari 91 yang pernah dicapai Barcelona. 

Sementara bagi Real Madrid, trio BBC (Karim Benzema, Gareth Bale, dan Christiano Ronaldo)  telah mencetak 35 dari 82 total gol yang didapatkan. Sebanyak 19 gol dari Ronaldo, sembilan dari Benzema, dan tujuh dari Bale. Alvaro Morata memiliki sebelas gol di liga, Isco sembilan, dan Sergio Ramos dengan tujuh. Seluruh skuat Los Blancos kecuali kiper, Dani Carvajal dan Fabio Coentrao sudah mencetak gol.

10. Tim yang memiliki pemain dari 14 negara

Real Madrid dan Barcelona merupakan ​​dua tim terbaik di dunia yang memiliki pemain dari 14 negara, mayoritas dari Eropa dan Amerika Selatan. Pemain-pemain dari Spanyol, Brasil, Prancis, Portugal, Kroasia, Jerman, Argentina, Kosta Rika, Kolombia, Wales, Republik Dominika, Belanda, Turki, dan Uruguay mengisi skuat kedua raksasa Spanyol ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement