Jumat 22 Sep 2017 18:44 WIB

5 Pemain Timnas Indonesia Masuk Nominasi Pemain Terbaik AFF

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Israr Itah
Penyerang timnas Indonesia, Boaz Solossa (kiri) masuk dalam kandidat best eleven AFF.
Foto: EPA/Mast Irham
Penyerang timnas Indonesia, Boaz Solossa (kiri) masuk dalam kandidat best eleven AFF.

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Lima pemain timnas Indonesia masuk dalam nominasi pemain terbaik versi Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF). Empat penggawa Merah Putih masuk dalam nominasi 11 pemain terbaik dalam Best Eleven. Sedangkan satu nama lagi menjadi kandidat pencetak gol terbaik. 

Empat kandidat pemain tersebut, yaitu penjaga gawang milik Arema FC, Kurnia Meiga Hermanysah, gelandang Barito Putera, Rizky Rizaldi Pora, striker Persipura Jayapura, Boas Theofilus Erwin Solossa, dan gelandang Bali United, Stefano Lilipaly. Sementara kandidat pencetak gol terbaik, yakni gelandang serang milik Selangor FA, Andik Vermansah.

Banyaknya pemain timnas Indonesia dalam nominasi tahun ini, merupakan prestasi yang membanggakan, kata Sekertaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha Destria dari Nusa Dua, Bali, kepada wartawan di Jakarta, Jumat (22/9).

Kelima pemain Indonesia tersebut, merupakan para penggawa timnas Garuda yang berhasil meraih peringkat kedua Piala AFF 2016, setelah kandas dari Thailand pada babak final. Namun, prestasi tersebut terbilang baik mengingat gelaran itu menjadi gelanggang pertama skuat Garuda usai pembekuan PSSI sejak 2015.

Masuknya nama pesepak bola Indonesia dalam nominasi malam penghargaan AFF, bukan sekali ini. Pada 2011 lalu, gelandang sekaligus kapten timnas Garuda, Firman Utina juga meraih penghargaan sebagai pemain terbaik Piala AFF 2010.

Kata Ratu, bukan cuma lima pemain timnas Indonesia yang masuk dalam nominasi penghargaan insan sepak bola terbesar di Asia Tenggara tahun ini. AFF juga memasukkan nama sejumlah nama pelatih, dan perangkat pertandingan, serta tokoh sepak bola Indonesia ke dalam nominasi penerima penghargaan.

Satu nama tokoh sepak bola Indonesia yang masuk dalam nominasi insan terbaik, yakni mantan Ketua Umum PSSI yang ke-10, almarhum Kardono. Kardono tercatat menjadi ketua umum federasi nasional pada 1983 sampai 1991.

Reputasi almarhum cemerlang setelah berhasil membawa timnas Indonesia, dua kali meraih medali emas. Yakni saat SEA Games 1987 di Indonesia, dan SEA Games 1991 di Filipina. Almarhum Kardono, juga merupakan Presiden AFF pertama periode 1984 sampai 1989. 

Malam penghargaan AFF, berbarengan dengan Council Meeting AFF. Seluruh pemimpin federasi sepak bola di 12 negara anggota ASEAN, bergabung dalam acara tahunan yang kali ini digelar di Nusa Dua, Bali. Acara tersebut, sudah digelar sejak Kamis (21/9) dan akan berakhir pada Sabtu (23/9).

Dalam agenda tersebut, selain memberikan penghargaan para pesepak bola di ASEAN, peserta AFF juga akan membahas tentang rencana kemajuan sepak bola di kawasan Asia Tenggara. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement