Kamis 23 Aug 2018 05:45 WIB

Pemain Menentang Keinginan La Liga Gelar Laga di AS

Ini diungkapkan Persatuan Pemain Sepak Bola Spanyol (AFE) pada Rabu (23/8).

Rep: MGROL110/ Red: Israr Itah
Salah satu pertandingan La Liga. (ilustrasi)
Foto: Miguel Morenatti/AP
Salah satu pertandingan La Liga. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Pemain sepak bola Spanyol terkejut dan marah atas kesepakatan untuk menggelar pertandingan La Liga musim reguler di Amerika Serikat yang telah dilakukan tanpa persetujuan mereka. Ini diungkapkan Persatuan Pemain Sepak Bola Spanyol (AFE) pada Rabu (23/8).

Operator La Liga mengumumkan sedang bekerja sama dengan media multinasional, olahraga dan grup entertainment Relevant untuk akan menggelar pertandingan-pertandingan papan atas Spanyol di AS. La Liga belum memberikan rincian tentang wakt pertandingan pertama itu akan berlangsung dan jumlah pertandingan yang digelar tiap musimnya. Cara pemilihan tim yang akan bertanding serta imbas laga tersebut yang hilangnya hak klub untuk menjadi tuan rumah juga belum dibeberkan.

Sebagai tanggapan pengumuman La Liga tersebut, AFE mengatakan, mengadakan pertemuan untuk membahas masalah tersebut. "AFE dan para pemain tidak memahami keputusan sepihak ini," kata sebuah pernyataan yang diterbitkan pada Rabu, dikutip dari Eurosport.

Pernyataan itu menyebutkan para pemain 'terkejut dan marah karena pandangan mereka tidak diperhitungkan dalam kesepakatan yang mempengaruhi mereka secara langsung'. Bahkan Sergio Ramos dan Lionel Messi yang menjadi rival abadi di lapangan ikut memprotes kebijakan baru dari Javier Tebas, Presiden La Liga.

AFE mengatakan, kapten dan pemain dari La Liga akan berpartisipasi menentang ini . La Liga seperti menjauhkan para penggemarnya dari pemain-pemain klub favorit mereka. AFE menilai ini dapat merusak keseimbangan tontonan liga Spanyol dan esensi sepak bola.

Terlebih, para pemain merasa terpinggirkan dari pengambilan keputusan sepihak ini. Padahal mereka adalah pemeran utama dan pendapat mereka sangat penting untuk pertumbuhan sepak bola Spanyol. Aktor-aktor La Liga ini menuntut agar pendapat mereka didengarkan dan diperhitungkan dalam negosiasi atau keputusan di masa mendatang oleh La Liga. Karena segala putusan akan berdampak besar pada pemain.

AFE juga menuntut 'keseimbangan dan akal sehat' dalam pengambilan keputusan dan mengeluhkan tentang waktu kick-off untuk beberapa pertandingan La Liga musim ini. Pemain lagi-lagi dihukum pada saat kick-off pertandingan-pertandingan tertentu, yang dapat merusak kesehatan mereka karena kondisi cuaca atau kurangnya waktu pemulihan. Bahkan ini juga dapat berdampak buruk kepada penggemar dan wasit, sebut pernyataan tersebut.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement