Rabu 19 Jun 2019 18:23 WIB

Karakter Pembalap F1 Masa Kini Jauh Beda dengan Masa Lalu

Pembalap Modern menaruh perhatian tinggi pada diet, nutrisi, dan persiapan fisik.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Endro Yuwanto
Ilustrasi balapan F1
Foto: AP/Silvia Izquierdo
Ilustrasi balapan F1

REPUBLIKA.CO.ID,FAENZA -- Bos tim F1 Toro Rosso, Franz Tost mengamati karakter pembalap masa kini yang jauh berbeda dengan masa lalu. Menurutnya, pembalap masa kini memiliki tubuh yang lebih kuat.

Tots menilai, pembalap F1 modern sudah tidak sama seperti era dulu ketika pembalap seperti Nelson Piquet dan Nigel Mansell tampak begitu letih hingga sempat ambruk usai balapan. Padahal, penyelenggara F1 sudah melakukan perubahan regulasi pada 2017 yang membuat mobil F1 menjadi lebih agresif dan lebih kencang.

"Mereka (pembalap lawas) tidak pernah mengunjungi pusat kebugaran dan mereka juga perokok, 20 atau 30 tahun lalu ada beberapa peserta yang ambruk setelah balapan," kata Franz seperti dilansir Motorsport, Rabu (19/6). "Saya ingat dulu ada beberapa mobil yang gagal finis karena menganggap ada kendala mesin."

Padahal kenyataannya, lanjut Tost, karena ada pembalap yang merokok sebelum balapan sehingga tidak kuat untuk menyelesaikan balapan. "Jadi mereka sengaja salah memasukkan gigi sehingga mobil rusak," ucapnya melanjutkan.

Tost mengatakan, pembalap F1 modern terbantu oleh pengalaman yang lebih matang, mulai dari balap gokart hingga karier junior di balap formula. Selain itu, pembalap zaman sekarang juga menaruh perhatian tinggi pada diet, nutrisi, dan persiapan fisik. "Jelas kita tidak bisa membandingkan era sekarang dengan era, contoh 20 atau 30 tahun yang lalu, ketika Nelson Piquet dan Nigel Mansell ambruk usai balapan." kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement