Selasa 09 Jul 2019 17:56 WIB

Brooklyn Nets Menanti Durant Pulih, Baru Bicara Gelar NBA

Durant belum diketahui kepastiannya kapan bisa kembali melantai.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Kevin Durant
Foto: EPA-EFE/JOHN G. MABANGLO
Kevin Durant

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Brooklyn Nets bisa dibilang salah satu pemenang dalam off-season NBA tahun ini. Di luar dugaan, mereka berhasil mendapatkan dua megabintang NBA, Kyrie Irving yang didatangkan dari Boston Celtics dan Kevin Durant yang didaratkan dari Golden State Warriors. Penggemar basket khususnya NBA pun lantas menempatkan Nets sebagai salah satu tim Favorit juara.

Jika Durant cepat pulih, peluang Nets untuk meraih gelar juara NBA musim depan cukup terbuka. Namun faktanya, Durant belum diketahui kepastiannya kapan bisa kembali melantai. Bahkan pemain yang rencananya akan memakai nomor 7 di Nets ini kecil kemungkinan akan bermain pada musim 2019/2020.

Baca Juga

Andai sembuh dari cedera Achilles-nya, belum bisa dipastikan Durant bisa kembali 100 persen. Jika dia dapat pulih 80 persen saja, banyak pengamat menyatakan itu sudah cukup. Namun kalau di bawah itu, kita belum tahu seperti apa permainannya kelak. Andai bisa kembali 100 persen, ada pula peluang duetnya dengan Kyrie Irving tak berjalan mulus karena ego sesama bintang.

Nets memang bukan tentang Durant dan Irving semata. Sebelum kedua pemain ini mendarat di Brooklyn, manajemen Nets sudah mulai merintis klub yang musim lalu mampu tembus hingga ke babak play-off ini. Namun untuk menjadi juara memang perlu pemain bintang, tidak cukup hanya mengandalkan pemain muda berbakat semata.

Kedatangan Durant dan Kyrie akan menambah kekuatan Nets yang sudah diperkuat Spencer Dinwiddie, Caris LeVert, Joe Harris, dan Jarrett Allen untuk meraih gelar juara NBA. Namun kemungkinan itu baru bisa diraih pada NBA musim 2020-2021 setelah Durant benar-benar pulih dari cedera betisnya.

Nets tidak hanya akan menjadi salah satu tim paling berat di liga tetapi akan memiliki kedalaman untuk menjadi kompetitif bahkan di tahun yang Durant akan gunakan untuk pulih. Dan itu sangat besar. Bahkan musim depan, minus Durant, Nets kemungkinan masih akan menjadi tim play-off dan talenta muda mereka akan mendapatkan pengalaman yang tak ternilai yang akan membantu mereka lebih banyak lagi ketika Durant kembali dari cedera pada 2020.

Sungguh menakjubkan bagaimana hal-hal dapat berubah dalam hitungan satu. Nets melakukannya dengan cara yang benar juga, setelah membuat kesalahan dengan Paul Pierce dan Kevin Garnett pada 2013/ Nets perlahan-lahan membangun kembali aset mereka, mempekerjakan orang yang tepat, membuat penandatanganan cerdas, dan infrastruktur yang cukup untuk mendapatkan perhatian Durant dan Kyrie.

Sekarang, Brooklyn Nets adalah tim super NBA berikutnya. Kevin Durant dan Kyrie Irving terikat di Brooklyn. Untuk meraih gelar NBA 2019-2020 tanpa Durant di dalam lapangan pertandigan sepertinya sangat berat bagi Nets. Menarik untuk disimak sejauh mana capaian Nets musim depan jika tampil tanpa Durant. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement