Kamis 11 Jul 2019 03:38 WIB

Senegal Jaga Mimpi Juara Piala Afrika untuk Pertama Kali

Senegal lolos ke semifinal Piala Afrika setelah mengalahkan Benin

Pemain Senegal Sadio Mane berduel dengan pemain Benin Stephane Sessegnon dalam pertandingan babak 16 besar Piala Afrika 2019
Foto: EPA
Pemain Senegal Sadio Mane berduel dengan pemain Benin Stephane Sessegnon dalam pertandingan babak 16 besar Piala Afrika 2019

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim nasional Senegal mengalahkan Benin dengan skor 1-0 dalam babak perempat final Piala Afrika 2019 yang digelar di Stadion 30 Juni, Kairo, Mesir, Kamis (11/07) dinihari WIB. Kemenangan tipis ini membawa Senegal lolos ke babak semifinal.

Senegal tampil dominan sejak awal laga. Pada menit ke-10, Sadio Mane punya peluang untuk membawa Senegal unggul setelah memanfaatkan umpan dari Kalidou Koulibaly. Namun, barisan pertahanan Benin dapat menghalau usaha pemain Liverpool itu.

Baca Juga

Kemudian pada menit ke-23, Senegal kembali punya peluang melalui sundulan Cheikhou Kouyate, memanfaatkan umpan silang dari Henri Saivet, namun sudulannya masih melenceng ke sisi gawang. Meski kalah dalam penguasaan bola, Benin justru nyaris membobol gawang Senegal.

Beruntung kiper Senegal Alfred Gomis mampu menepis tembakan terarah dari pemain Benin, Jordan Adeoti pada menit ke-33. Hingga babak pertama usai tak ada gol yang tercipta dalam pertandingan itu.

Memasuki babak kedua, Benin justru lebih dulu mengancam gawang Senegal lewat tembakan kaki kanan Pote yang masih bisa diamankan Gomis. Senegal perlahan mulai menguasai jalannya pertandingan lagi hingga akhirnya pada menit ke-69 Gueye berhasil memecahkan kebuntuan lewat golnya.

Berawal dari aksi Mane merangsek ke hadapan kotak penalti lawan, pemain Liverpool itu dengan cerdik berusaha menghindari jegalan bek Benin dengan menyodorkan bola ke jalur Gueye yang berlari dan melepaskan tembakan ke area tiang jauh demi membuka keunggulan Senegal.

Mane sebetulnya dua kali sempat menyarangkan bola ke gawang Benin, namun dua kali pula golnya dianulir karena dianggap sudah berada dalam posisi offside. Senegal mendapat keuntungan ketika Olivier Verdon melakukan pelanggaran keras terhadap yang segera direspon wasit dengan kartu merah, namun hingga laga usai tak ada gol tambahan tercipta.

Kemenangan itu mendekatkan ambisi Kawanan Singa Teranga menuju gelar juara Piala Afrika perdana mereka. Tim besutan Aliou Cisse tersebut kini menanti pemenang laga perempat-final lain antara Madagaskar kontra Tunisia untuk mereka hadapi di semifinal nanti.

Susunan pemain:

Senegal (4-3-3): Alfred Gomis; Lamine Gassana, Cheikhou Kouyate, Kalidou Koulibaly, Youssouf Sabaly; Badou Ndiaye, Henri Saivet, Idrissa Gueye (Salif Sane); Keita Balde Diao (Krepin Diatta), M'Baye Niang (Mbaye Diagne), Sadio Mane

Pelatih: Aliou Cisse

Benin (4-1-4-1): Saturnin Allagbe; Seidou Baraze, Moise Adilehou, Olivier Verdon, Emmanuel Imorou; Jordan Adeoti; Cebio Soukou (David Djigla), Sessi D'almeida, Stephane Sessegnon, Mickael Pote (Jodel Dossou); Steve Mounie

Pelatih: Michel Dussuyer

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement