Jumat 30 Aug 2019 04:04 WIB

Ini 10 Klub Calon Juara Liga Champions Musim 2019/2020

Nama-nama besar siap untuk bangkit kembali berjuang meraih trofi di Istanbul.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Endro Yuwanto
Striker Liverpool, Mohamed Salah mencium trofi Liga Champions.
Foto: AP Photo/Manu Fernandez
Striker Liverpool, Mohamed Salah mencium trofi Liga Champions.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak klub elite Eropa yang tumbang di kancah Liga Champions 2018/2019, kala Liverpool menjadi juaranya. Kini, babak baru Liga Champions musim 2019/2020 akan segera dimulai.

Nama-nama besar siap untuk bangkit kembali berjuang meraih trofi. Saat ini, ada 10 klub yang menjadi favorit juara dalam laga final di Istanbul, Turki, dikutip dari Marca, Kamis (29/8).

1. Real Madrid

Madrid tumbang di tangan Ajax musim lalu. Namun El Real telah memenangkan empat dari lima musim terakhir Liga Champions. Kehancuran musim lalu membuat Los Blancos menambah amunisi baru seperti Eden Hazard, Luka Jovic, Ferland Mendy, dan Eder Militao. Dengan pemain baru dan kembalinya juru taktik Zinedine Zidane, Real Madrid kembali jadi favorit juara Liga Champions.

2. Barcelona

Musim lalu Barca tampil meyakinkan sejak awal di Liga Champions. Sampai akhirnya La Blaugrana dipermalukan Liverpool di semifinal leg kedua di Anfield. Namun, datangnya Antoine Griezmann dan Frenkie de Jong diharapkan mampu memperkuat skuat asuhan Ernesto Valverde. Apalagi dengan kemungkinan kembalinya Neymar dari Paris Saint-Germain.

3. Atletico Madrid

Satu lagi tim Spanyol menjadi favorit juara, yaitu Atletico Madrid. Los Rojiblancos gagal memenangkan Liga Champions di kandang sendiri tahun lalu. Musim ini, Atletico melakukan transisi besar-besaran. Meski masih terlalu dini, namun pemain-pemain baru yang direkrut Diego Simeone telah menyatu dengan skuat lama. Sehingga, diprediksi melaju jauh di Eropa.

4. Manchester City

Gelar Liga Champions adalah prestasi yang belum diberikan Pep Guardiola sejak pindah ke Inggris. Dengan skuat yang sudah matang dan telah memenangkan Liga Primer Inggris dua kali beruntun, the Citizens masih berpeluang besar memenangkan Liga Champions.

5. Liverpool

Juara bertahan ini tidak melakukan banyak perubahan selama bursa transfer musim panas kali ini. Juergen Klopp lebih memilih untuk bekerja dengan pemain yang telah dimilikinya. Apalagi trisula lini depan the Reds, Mohamed Salah, Sadio Mande, dan Roberto Firminho masih jadi ancaman serius buat lawan.

6. Tottenham Hotspur

Spurs tampil mengejutkan musim lalu, dengan melaju hingga ke final, meskipun kurang beruntung usai dikalahkan Liverpool. Namun skuat asuhan Mauricio Pochettino itu masih diyakini dapat bersaing dengan klub elite Eropa lainnya.

7. Juventus

Cukup dengan hadirnya Cristiano Ronaldo saja sudah memunculkan anggapan Juve sebagai calon juara. Apalagi kini Juve menambah pasukan baru yaitu Matthijs de Ligt, Aaron Ramsey, dan Adrien Rabiot. Ini membuat Si Nyonya Tua makin beringas.

8. Paris Saint-Germain

Musim lalu PSG secara mengejutkan kalah oleh Manchester United di babak 16 besar. Namun, klub asal Paris itu masih merupakan salah satu tim terkuat di Eropa. Walaupun nasib Neymar masih belum jelas, masih ada Kylian Mbappe dan Edinson Cavani yang menjadikan lini depan PSG ditakuti lawan. Apalagi, kehadiran Ander Herrera di lini tengah bisa membantu PSG melaju sejauh mungkin.

9. Bayern Muenchen

Era baru dimulai di Bavaria. Franck Ribery dan Arjen Robben memang telah pergi. Tapi Ivan Perisic dan Philippe Coutinho datang untuk menggantikan Ribery dan Robben. Ditambah lagi, lini belakang FC Hollywood kian kokoh dengan hadirnya Lucas Hernandez dan Benjamin Pavard.

10. Borussia Dortmund

Dortmund merupakan satu-satunya tim Jerman yang dapat menyaingi kedigdayaan Muenchen. Sampai saat ini, Dortmund masih menjadi tim kuat yang berpeluang melaju hingga ke final Liga Champions.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement