Rabu 04 Dec 2019 17:53 WIB

Raih Emas, Atlet Arnis Filipina Dijanjikan ke Disney Land

Cabang beladiri asli Filipina ini telah menyumbangkan 14 medali emas bagi tuan rumah.

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
Medali emas. Ilustrasi
Foto: mccarthyford.co
Medali emas. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, MANILA -- Salah satu cabang olahraga (cabor) yang menjadi lumbung emas bagi tuan rumah SEA Games 2019 Filipina adalah arnis. Cabang beladiri asli Filipina ini telah menyumbangkan 14 medali emas dari total 20 emas di cabor arnis yang diperebutkan pada SEA Games kali ini.

Atas capaian tersebut, para atletnya pun dijanjikan akan jalan-jalan ke Disneyland Hong Kong. Negara tuan rumah memang kehilangan banyak peluang ketika juga meraih enam perak dan dua perunggu di arnis. Tetapi secara keseluruhan, itu lebih baik dari yang diharapkan, karena para pejabat arnis pada awalnya menargetkan 12 emas.

Tidak diragukan lagi kinerja arnis yang menjadi kunci lonjakan awal Filipina pada tiga hari ke kompetisi. Hingga saat ini, Filipina jauh di depan dengan 54 medali emas, yang telah melampaui total hanya 24 emas ketika SEA Games 2017 digelar di Kuala Lumpur dua tahun lalu.

Adalah Dexter Bolambao yang memulai semuanya ketika ia menduduki puncak divisi kelas bantam putra. Kemenangannya yang meriah segera membuka jalan untuk lebih banyak kemenangan, karena rekan satu timnya Mike Bañares, Niño Mark Talledo, Villardo Cunamay, dan Jezebel Morcillo semuanya memberikan penampilan emas pada hari pertama kompetisi.

Hari kedua terbukti menjadi yang paling produktif untuk arnis. Abegail Abad, Jedah Mae Soriano, Sheena del Monte, Carloyd Tejada, Elmer Manlapas, dan Jesfer Huquire bergabung dalam demam emas.

Pada hari ketiga, Crisamuel Delfin dan Mary Allin Aldeguer mengakhiri serangan arnis dengan memuncaki acara senjata terbuka non-tradisional di sisi pria dan wanita. Juga patut disebutkan adalah upaya peraih medali perak Jude Oliver Marie Rodriguez, Mark David Puzon, Ryssa Jezel Sanchez, Billy Joel Valenzuela, dan peraih medali perunggu Erlin Mae Busacay dan Eza Rai Yalong.

Raihan 14 emas itu membuat Senator Juan Miguel Zubiri, presiden Federasi Eskrima Kali Arnis Filipina, sangat bangga. Sehingga ia berjanji pada para pemain dan pelatih untuk untuk memberikan perjalanan ke Hong Kong Disneyland, tempat yang memang layak dikunjungi. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement