Rabu 01 Jan 2020 15:00 WIB

Koleksi Gol Ronaldo-Messi Lampaui Arsenal, MU, dan Spurs

Ronaldo dan Messi meski memasuki usia senja selalu tampil gahar,

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Agung Sasongko
Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo
Foto: AP Photo/Emilio Morenatti
Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Bicara sepak bola, tak bisa lepas dari nama Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Keduanya merupakan pesepak bola paling menonjol di era modern. Sebut saja soal rivalitas, koleksi gol, koleksi trofi, dan banyak lain, 

Dikutip dari Givemesports, Rabu (1/1), Ronaldo dan Messi telah mengoleksi 11 Ballon d'Or dan tak berhenti memecahkan rekor. Bahkan, kalau digabung, torehan gol dari mereka berdua mencapai 704 gol di liga dekade ini. Jumlah tersebut bahkan mengalahkan koleksi gol beberapa klub besar Inggris dalam satu dakade.

Bahkan, sekelas Arsenal saja tak bisa mendekati koleksi gol Messi dan Ronaldo. Sementara Manchester United mengumpulkan 688 gol dan Tottenham 657 gol. Bersinarnya Harry Kane pun tak bisa berbuat banyak untuk memenuhi ambisi Spurs. Sementara hanya Liverpool dan Chelsea yang bisa lebih baik dari Messi dan Ronaldo dengan masing-masing mencetak 715 gol.

Meski sudah memasuki usia senja atau di atas 30 tahun, belum ada tanda-tanda keduanya berhenti tampil gahar di lapangan. Messi, di usia 32 tahun masih bisa mencetak 40 gol tiap musimnya. Sementara Cristiano Ronaldo memang mulai menurun karena usianya yang lebih tua dua tahun dari La Pulga.

Ronaldo pun mengakui kalau rivalitasnya dengan Messi membuat mantan pemain Real Madrid itu jadi pemain yang lebih baik. Apalagi, Ronaldo membela Los Blancos selama sembilan tahun dan head to head dengan Messi saat melakoni El Clasico.

"Banyak orang bilang kami saling menguatkan satu sama lain, bahwa bersama-sama di Spanyol membuat kami lebih baik. Itu benar adanya," ucap Ronaldo, dikutip dari Mirror.

Ronaldo memang mengakui kalau kehadiran Messi baru bisa dirasakan main di La Liga dibandingkan bersama Manchester United. Hanya saja, pemain internasional Portugal itu menegaskan kalau rivalitasnya dengan Messi merupakan persaingan sehat, karena menjadi simbol dari klub masing-masing.

"Saya pikir dia (Messi) sebelumnya mengatakan kalau dia merindukan saya di level kompetitif," kata dia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement