Senin 27 Jan 2020 00:02 WIB

MU Menang Besar, Susul City ke Babak Kelima Piala FA

MU membenamkan Tranmere Rovers 6-0.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Israr Itah
Para pemain Manchester United merayakan gol Anthony Martial (kiri) ke gawang Tranmere Rovers pada babak keempat Piala FA. MU mengalahkan Tranmere 6-0.
Foto: Simon Cooper/PA via AP
Para pemain Manchester United merayakan gol Anthony Martial (kiri) ke gawang Tranmere Rovers pada babak keempat Piala FA. MU mengalahkan Tranmere 6-0.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Manchester United (MU) melupakan dua hasil buruk di Liga Inggris saat menghadapi Tranmere Rovers pada laga babak keempat Piala FA di Prenton Park, Birkenhead, Ahad (26/1). MU berpesta gol dengan menaklukkan Tranmere 6-0 untuk menyusul Manchester City lolos ke babak kelima Piala FA.

Enam gol Setan Merah masing-masing dicetak pemain berbeda. Harry Maguire, Diogo Dalot, Jesse Lingard, Phil Jones, dan Anthony Martial mencatatkan namanya di papan skor setelah menjebol gawang tuan rumah pada paruh pertama. Mason Greenwood tak ketinggalan menyumbang gol lewat penalti pada awal babak kedua.

Baca Juga

Jalannya laga

Tuan rumah memulai laga lewat sepakan Morgan Ferrier yang masih bisa diamankan kiper MU Sergio Romero. Tranmere memberi kesan mampu mengimbangi permainan anak-anak asuh Ole Gunnar Solksjaer, tapi tak seperti itu kenyataannya.

Tranmere sudah kebobolan pada menit ke-10 lewat gol Harry Maguire. Tendangan kaki kanan sang bek tengah dari luar kotak penalti tak mampu dibendung kiper Scott Davies.

Gol Maguire membuka jalan MU menggulung tuan rumah. Hanya berselang dua menit, gol kedua MU tercipta. Diogo Dalot melepas sepakan keras yang mulus menembus jala gawang Tranmere pada menit ke-13.

Tuan rumah tak diberi ampun. Tiga menit berselang, gawang Davies kembali dibobol, kali ini oleh Jesse Lingard lewat tendangan dari luar kotak penalti. Maguire berperan sebagai assist atas gol Lingard pada menit ke-16.

Tranmere tak tinggal diam. Ferrier mencoba menyemangati rekan-rekannya dengan peluang tendangan berturut-turut di menit ke-18 dan 20. Peluang Ferrier dibalas peluang Pereira dan Martial.

Sampai menit ke-30, tuan rumah masih mencoba melawan meski sudah kebobolan tiga gol. Begitu pun tim Setan Merah tak mengendur dan ingin memperlebar keunggulan.

Sundulan Kieron Morris pada menit ke-31 membuat fan tuan rumah bersemangat lagi meski gagal tercatat sebagai gol. Namun mereka kembali terdiam saat Phil Jones mencatatkan nama di papan skor lewat sundulannya. Pereira jadi pencetak assist dalam gol keempat ini.

Pada menit ke-45, gol kelima MU tercipta dari kaki Martial. Tendangan kencangnya dari luar kotak penalti tak bisa diantisipasi Davies.

Sadar sudah bisa menggenggam kemenangan, Solskjaer mengganti dua pemain sekaligus  pada awal babak kedua. Martial digantikan pemain muda Tahith Chong, sementara Fred mengisi tempat Nemanja Matic.

MU langsung tancap gas menyerang. Serangan ini membuat lini belakang Tranmere kocar kacir. Kesempatan Tranmere menyerang di menit ke-48 gagal karena Jennings terjebak offside.

Akibat kesulitan meredam serangan MU, Davies sampai menjegal Chong di kotak terlarang. Greenwood selaku algojo menunaikan tugasnya pada menit ke-56.

Unggul enam gol tanpa balas membuat MU bermain nyaman meski tetap berupaya mengintip peluang.

Sementara tuan rumah hanya bertarung demi harga diri. Ferrier sempat mengkhawatirkan lini belakang MU. Peluangnya di menit ke-61 masih melebar di sisi gawang MU.

Jelang menit ke-70, MU memasukkan Brandon Williams menggantikan Maguire. Adapun Tranmere menukar Perkins dengan Harvey Gilmour guna mendongkrak tenaga pertahanan.

Pergantian pemain membuat Tranmere lebih inovatif. Serangan Tranmere berbuah tendangan bebas dekat kotak penalti di menit ke-77. Sayang tendangan Paul Mullin terlalu tinggi. Buah kegigihan Tranmere dari sepakan Hepburn-Murphy dan Morris di menit ke-82 juga belum mencapai target.

MU balik menyerang. Tendangan Chong menghantam tiang gawang pada menit ke-86. Hingga peluit akhir, tak ada lagi gol tercipta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement