Senin 27 Apr 2020 19:52 WIB

Eks Bek Juve Paham Alasan Interisti Membecinya

Pelanggaran keras kepada Ronaldo membuat Inter luput meraih gelar liga.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Inter Milan vs Juventus di masa lalu.
Foto: bahasbola.com
Inter Milan vs Juventus di masa lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- 22 tahun lalu, terjadi insiden kontroversial dalam laga Derby d'Italia pada tahun 1998. Kejadian ini melibatkan mantan bek Juventus, Mark Iuliano dan striker Inter Milan Ronaldo Nazario.

Iuliano memahami kemarahan Inter kepadanya akibat peristiwa itu. Pertandingan itu sendiri digelar pada tanggal 26 April 1998. Kedua tim sama-sama membutuhkan kemenangan untuk bisa meraih Scudetto musim 1997/1998. Dalam pertandingan, ada kejadian di mana Iuliano terlihat menjatuhkan Ronaldo di kotak terlarang. Namun, wasit Piero Ceccarini tidak melihat itu sebagai pelanggaran.

Nerazzurri gagal mencetak gol sampai wasit meniupkan peluit panjang dan kalah dengan skor 0-1. Beberapa hari setelah pertandingan tersebut, Si Nyonya Tua pun dimahkotai juara Serie A. "Tidak ada hari tanpa orang-orang berbicara kepada saya soal insiden itu," kata Iuliano dalam wawancara di Instagram Live bersama jurnalis kenamaan, Nicolo Schira seperti dikutip dari Football Italia, Senin (27/4).

"Selama beberapa tahun awal, saya merasa terganggu dengan orang yang mengingat insiden itu dan bukan 15 tahun perjalanan karier luar biasa saya di Serie A di mana saya memenangkan segalanya," lanjutnya.

Iuliano mengaku melupakan momen tersebut. Bahkan ia kerap menertawakan insiden tersebut bersama Ronaldo yang saat itu menjadi rivalnya. "Saya bertemu Ronaldo beberapa kali dan kami bercanda soal itu. Saya memahami kemarahan Interisti soal momen panas itu karena mereka sedang mengejar gelar liga," tambahnya. "Di sisi lain, tepatnya di luar lapangan, kami hanya meletakkannya (medali juara) di dalam kamar," pungkas pria berumur 46 tahun tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement