Kamis 07 May 2020 09:07 WIB

Jiwa Arsenal Tertinggal di Stadion Highbury

Tiga gol Thierry Henry jadi salam perpisahan Arsenal dengan Stadion Highbury.

Penyerang Arsenal Thierry Henri (kiri) saat merayakan gol di Stadion Highbury, markas lama Arsenal yang kini berubah menjadi perumahan.
Foto:

Penyesalan

Pada Oktober 2004, beberapa bulan setelah menjuarai Liga Premier 2003/04 dengan catatan tak terkalahkan, Arsenal mengumumkan stadion baru mereka bakal bernama Emirates.

Saat mengetahui musim 2005/06 bakal jadi musim terakhir menempati Highbury, Arsenal memutuskan untuk mengganti warna jersey mereka yang identik dengan warna merah dan lengan putih menjadi warna merah batu bata solid untuk mengenang seragam pertama yang dipakai ketika hijrah ke Highbury pada 1913/14.

Pihak klub mendesain sebuah logo khusus untuk memperingati ikatan mereka dengan Highbury dan berbagai tonggak capaian selama menempati stadion itu dituangkan dalam buletin pertandingan tiap laga kandang.

Arsenal lantas melelang sejumlah memorabilia seperti tiang gawang, meja bekas manajer legendaris George Graham bahkan potongan-potongan bagian dari permukaan rumput lapangan Highbury selepas stadion ditutup.

Empat tahun setelah tak dipakai, Highbury dialihfungsikan menjadi kompleks apartemen Highbury Square sembari tetap mempertahankan sejumlah bagian bangunan yang dianggap cagar budaya seperti dekorasi nama Arsenal Stadium dan logo meriam yang menjadi bagian tribun East Stand.

Dari 29 trofi bergengsi yang ada di Emirates, hanya tiga saja yang Arsenal peroleh saat menempati stadion itu, yakni tiga trofi Piala FA, sedangkan sisanya adalah warisan dari Highbury.

Tak ada trofi Liga Premier, Piala Liga apa lagi Liga Champions. Arsenal era Emirates tak tampil segahar pada satu dua dekade akhirnya di Highbury.

Menurut Wenger, yang akhirnya meninggalkan kursi manajer Arsenal pada 2018 setelah 22 tahun mendudukinya, The Gunners kehilangan jiwa mereka sejak meninggalkan Highbury.

"Kami membangun stadion baru tapi jiwa kami tak di sana, jiwa kami tertinggal di Highbury," kata Wenger dalam programa stasiun televisi beIN Sport pada 21 Januari 2020.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement