Jumat 08 May 2020 13:07 WIB

Kehebatan Ronaldo dan Messi Dipadukan, Seperti Apa?

Messi mencatatkan persentase 83 persen dari 697 golnya berasal dari kaki kiri.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Israr Itah
Lionel Messi (kiri) dan Cristiano Ronaldo.
Foto:

 

OPERAN - Messi

Selain menyelesaikan umpan, Messi juga mahir dalam mengoper bola. Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane menilai kunci utama akurasi operan Messi karena filosofi menyerang yang ada di dalam kepalanya. 

"Messi membuat pembeda hampir setiap saat. Ia penting karena selalu ingin maju, tidak pernah mengoper ke belakang atau ke samping. Dia hanya punya satu ide, menuju ke depan," ujarnya. 

SUNDULAN - Ronaldo

Kemampuan sundulan Cristiano menjadi salah satu keunggulan dibandingkan Messi. Sepanjang kariernya, ia sudah mencetak 128 gol dari tandukan. 

Mantan pelatih Arsenal, Arsene Wenger mengeklaim, Ronaldo lebih baik dibandingkan Messi di udara, dan jauh lebih atletis. Vertical jump Ronaldo tercatat mencapai 2,5 meter saat menjebol gawang Sampdoria di Serie A.

photo
Cristiano Ronaldo (tengah) melepaskan sundulan (ilustrasi). - (Reuters/Rafael Marchante )
 
KEKUATAN TENDANGAN - Ronaldo

Bintang timnas Portugal itu dianggap memiliki tendangan keras karena melatih kakinya secara intens. Eks rekannya di MU, Roy Caroll menyaksikan sendiri Cristiano berlatih.

"Saat melihatnya berlatih tendangan, bolanya meluncur lebih keras dari yang biasa dilihat," ujar dia. 

INTELEJENSI SEPAK BOLA - Messi

Jika Ronaldo punya kelebihan dalam menggunakan sisi bagian luar kepalanya, Messi menonjol karena kemampuan berpikir di atas lapangan. Sebab, ia mahir mencari celah dan membuka peluang di lini pertahanan lawan lewat imajinasinya. 

Pelatih kawakan, Fabio Capello mengaku Messi lebih tajam menggunakan imajinasinya dalam bermain sepakbola. "Ronaldo pemain luar biasa, tapi Messi seorang jenius," kata mantan pelatih Juventus tersebut. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement