Jumat 08 May 2020 13:07 WIB

Kehebatan Ronaldo dan Messi Dipadukan, Seperti Apa?

Messi mencatatkan persentase 83 persen dari 697 golnya berasal dari kaki kiri.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Israr Itah
Lionel Messi (kiri) dan Cristiano Ronaldo.
Foto:

MOTIVASI - Ronaldo

Sejak disebut terlalu kurus sebagai pesepak bola, Ronaldo langsung bekerja keras melatih fisiknya hingga saat ini. Mantan pelatihnya di Real Madrid, Carlo Ancelotti mengatakan Ronaldo tidak pernah puas terhadap suatu pencapaian. "Cristiano selalu berjuang untuk lebih baik," kata dia. 

Mantan pelatih Ronaldo di Sporting Lisbon, Aurelio Pereira menyampaikan bahwa yang paling menakjubkan dari Cristiano adalah determinasi. Eks striker timnas Portugal, Nuno Gomes mengatakan Ronaldo adalah seorang pria yang selalu ingin melakukan hal lebih baik dengan berlatih. 

KEPEMIMPINAN - Messi

Cristiano mungkin memiliki motivasi diri yang tinggi dengan melatih fisik di saat pemain seusianya sudah memasuki masa pensiun. Namun, Messi dianggap lebih baik dalam memimpin rekan-rekan setimnya. 

Pelatih Jerman, Joachim Low mengatakan Messi adalah tipikal pemain yang mengutamakan kerja sama tim. "Ia pemain tim yang hebat, mampu membuat 30 sampai 40 assist dan mencetak 50 gol setiap tahun," ujarnya. 

Legenda Argentina, Diego Maradona menyebut Messi sosok yang membawa sepak bola lebih indah untuk disaksikan. 

Mantan pelatih Barcelona, Pep Guardiola mengatakan, Messi tidak pernah melupakan teman-temannya untuk merebut kemenangan. 

"Messi adalah yang terbaik, ia tahu cara bermain, mencetak gol, dan membuat orang lain juga mencetak gol," ujarnya. 

Di sisi lain, Sir Alex Ferguson membela mantan anak asuhnya. Menurut dia, Messi mungkin dapat memimpin rekan-rekan setim, tapi Ronaldo dapat cepat beradaptasi di tim amatir sekalipun. 

"Messi adalah pemain Barcelona, tapi Ronaldo dapat bermain untuk Stockport County dan mencetak hat-trick. Ronaldo punya semuanya, bisa menendang dari kedua kakinya, menyundul bola, dan berani seperti seekor singa," kata dia.

Tak terbayangkan apa yang bisa dilakukan seorang pemain yang memiliki seluruh keunggulan Ronaldo dan Messi dalam dirinya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement