Kamis 20 Aug 2020 09:19 WIB

Koeman Belum Bisa Pastikan Messi Bertahan

Ronald Koeman senang kembali ke Barcelona sebagai pelatih.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Agung Sasongko
Ronald Koeman ditunjuk menjadi pelatih anyar Barcelona menggantikan Quique Setien yang dipecat.
Foto: (AP Photo/Joan Monfort)
Ronald Koeman ditunjuk menjadi pelatih anyar Barcelona menggantikan Quique Setien yang dipecat.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Pelatih anyar Barcelona, Ronald Koeman senang kembali ke Barcelona sebagai pelatih. Ia menyampaikan rasa bahagianya ketika pengumuman resmi dirinya diangkat sebagai pelatih Barcelona.

"Saya memiliki kesempatan untuk melatih tim besar. Barcelona selalu menuntut secara maksimal, dan saya suka seperti itu," kata Koeman, dilansir dari Marca, Kamis (20/8).

Baca Juga

Ia pun langsung menebar optimisme dengan bertekad membawa kembali kejayaan Barcelona. Blaugrana, menurutnya masih sebagai tim besar di dunia. Ia menegaskan mulai sekarang seluruh orang di tim harus bekerja keras untuk membawa tim ini ke puncak.

Ia yakin dapat membawa kembali Barcelona ke puncak karena masih mempunyai beberapa pemain berkualitas. Ia juga menyinggung soal masa depan Lionel Messi.

Koeman belum bisa memastikan apakah harus berusaha mempertahankan Messi. Namun yang pasti, katanya, Messi adalah pemain terbaik dunia sehingga setiap klub ingin Messi ada di dalamnya.

"Bagi saya, sebagai pelatih, saya suka bekerja dengan Messi karena dia memenangkan pertandingan, Jika dia tampil. Saya akan senang jika dia ingin bertahan," ujarnya.

Koeman berharap pemain asal Argentina tersebut bertahan selama-lamanya di Barcelona. Koeman akan segera berbicara dengan Messi dan seluruh pemain. Koeman juga mengatakan bahwa menyukai gaya permainan total football atau penguasaan bola. Hal tersebut sangat cocok dengan gaya permainan Blaugrana selama ini namun beberapa musim ini gaya tersebut mulai luntur.

Ia mengklaim pengalamannya melatih banyak tim sudah cukup syarat melatih Barcelona. Selain itu, Barcelona dan Belanda selalu memiliki hubungan satu sama lain. "Saya orang Belanda kesepuluh yang menandatangani kontrak dengan Barcelona melalui perwakilan saya," jelasnya.

Ia menolak ketika ditanya mengenai siapa pemain yang akan menjadi andalannya. Namun ia akan berusaha memilih pemain untuk membentuk tim kuat. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement