Selasa 15 Sep 2020 07:38 WIB

Meski Lakukan Blunder, Kepa Tetap Didukung Lampard

Kepa Arrizabalaga telah kebobolan 19 gol dari luar kotak penalti.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Kiper Chelsea Kepa Arrizabalaga.
Foto: EPA-EFE/Adam Davy/NMC/Pool
Kiper Chelsea Kepa Arrizabalaga.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Chelsea sukses membuka kiprahnya di Liga Primer Inggris musim ini dengan raihan tiga angka kala melawat ke markas Brighton and Hove Albion di Stadion Amex, Selasa (15/9) dini hari WIB. Sayangnya, the Blues gagal mencatatkan clean sheet di laga tersebut dan menutup laga dengan kemenangan 3-1.

Satu-satunya gol tuan rumah di laga itu tidak terlepas dari blunder kiper Chelsea, Kepa Arrizabalaga. Kiper asal Spanyol itu gagal menghalau sepakan penyerang Brighton, Leandro Tossard, dari luar kotak penalti saat babak kedua baru berjalan sembilan menit.

Baca Juga

Tossard melepaskan tembakan dari sebelah kiri pertahanan Chelsea dan bersarang di pojok kiri bawah gawang the Blues. Kendati sempat berusaha menjangkau bola, tapi Kepa gagal menghalau bola hasil tendangan Tossard tersebut.

Sejak bergabung dengan Chelsea pada 2018, Kepa telah kebobolan 19 gol dari luar kotak penalti. Angka ini jauh lebih banyak dari semua kiper yang berlaga di pentas Liga Primer Inggris.

Meski Kepa melakukan blunder di laga tersebut, tapi pelatih Chelsea, Frank Lampard, tetap menyuarakan dukungan terhadap penjaga gawang yang direkrut dari Athletic Bilbao dengan nilai transfer mencapai 71,6 juta poundsterling tersebut. Bahkan, pelatih asal Inggris itu mengaku tetap puas dengan performa Kepa secara keseluruhan di laga tersebut.

''Saya cukup puas dengan penampilan Kepa. Soal gol tersebut, saya tidak yakin, apakah dia bisa melakukan hal yang lebih baik. Namun, saya melihat kepercayaan dirinya mulai meningkat. Kepa ada di tim ini. Dia adalah penjaga gawang kami dan saya senang dengan keberadaannya,'' ujar Lampard seusai laga seperti dilansir Sky Sports, Selasa (15/9).

photo
Pelatih Chelsea Frank Lampard - (EPA-EFE/Andy Rain/NMC/Pool)

Namun, mantan kapten sekaligus gelandang Chelsea itu tidak menutup kemungkinan apabila nantinya the Blues mendatangkan penjaga gawang anyar demi menciptakan kompetisi di posisi penjaga gawang. Sebelumnya, Chelsea memang telah santer disebut-sebut telah mencapai kesepakatan dengan Rennes untuk merekrut penjaga gawang Edouard Mendy.

''Jika kami mendatangkan penjaga gawang baru demi kompetisi, maka biarlah terjadi kompetisi di posisi tersebut. Itu sudah menjadi hal yang alamiah di Chelsea. Tidak hanya di posisi penjaga gawang, tapi juga di semua posisi bermain,'' ujar pelatih yang tengah melakoni musim keduanya sebagai juru taktik the Blues tersebut.

Di laga kontra Brighton, Chelsea membuka keunggulan lewat gol tendangan penalti Jorginho pada menit ke-23, sebelum akhirnya disamakan oleh Tossard pada menit ke-54.

Beruntung, the Blues memastikan kemenangan lewat dua gol, yang masing-masing dicetak Reece James dan Kurt Zouma. Dengan gelontoran nilai transfer mencapai 200 juta euro di bursa transfer, penampilan the Blues di debutnya di pentas Liga Primer Inggris musim ini terlihat kurang meyakinkan.

Kondisi ini pun diakui oleh Lampard. Namun, eks pelatih Derby County itu tetap optimis, anak-anak asuhnya bisa memperbaiki performa.

Terlebih, pada laga pekan kedua Liga Primer Inggris, Chelsea akan menghadapi juara bertahan, Liverpool. ''Ini baru laga pertama kami. Selain itu, ada dua pemain yang melakoni debut di kompetisi ini. Secara keseluruhan, performa ini memang bukan yang kami harapkan, tapi kami akan tampil lebih baik,'' kata Lampard.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement