Ahad 20 Dec 2020 17:17 WIB

Ucapan Selamat Pele untuk Messi

Messi menyamai rekor Pele dalam hal torehan gol untuk satu klub.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Agung Sasongko
Lionel Messi melakukan penghormatan pribadi untuk Diego Maradona usai mencetak gol ke gawang Osasuna di Stadion Camp Nou.
Foto: EPA/ Andreu Dalmau
Lionel Messi melakukan penghormatan pribadi untuk Diego Maradona usai mencetak gol ke gawang Osasuna di Stadion Camp Nou.

REPUBLIKA.CO.ID,  RIO DE JANIERO -- Gol sundulan pada penghujung babak pertama saat Barcelona menerima lawatan Valencia pada jornada ke-15 Liga Spanyol, Ahad (20/12) dini hari WIB, membawa Lionel Messi menyamai rekor legenda timnas Brasil dan sepak bola internasional, Pele. Messi menyamai rekor Pele dalam hal torehan gol untuk satu klub.

Gol ke gawang Valencia itu merupakan gol ke-643 Messi buat Barcelona. Mulai memperkuat tim utama Blaugrana pada 2004, tepatnya saat berusia 17 tahun, Messi membutuhkan 748 pertandingan untuk mencatatkan rekor gol ke-643 buat tim asal Katalan. 

Baca Juga

Sementara Pele menorehkan 643 gol dari 665 penampilan selama memperkuat Santos dari 1956 hingga 1974. Pele memulai karier bersama Santos pada usia 15 tahun. Selama memperkuat Santos, Pele sukses mempersembahkan enam titel Liga Brasil dan dua trofi Libertadores.

Prestasi yang ditorehkan Messi ini pun mengundang komentar dari Pele. Mantan pemain yang mengantarkan Brasil merengkuh tiga titel Piala Dunia itu mengaku memahami betul perasaan Messi, yang memilih memperkuat tim yang sama di sepanjang karier profesionalnya hingga saat ini. Mantan pemain yang kini telah menginjak usia 80 tahun itu pun secara khusus memberikan ucapan selamat buat Messi atas prestasinya tersebut. 

''Saat hati Anda dipenuhi rasa cinta akan sesuatu, maka akan sulit untuk mengubah jalur karier Anda. Saya tahu seperti apa rasanya mengenakan seragam yang sama setiap hari. Seperti halnya dirimu, saya tahu, tidak ada tempat seindah rumah. Selamat atas torehan sejarah baru itu, Lionel. Namun, lebih dari apapun, selama atas karier indahmu bersama Barcelona,'' tulis Pela di akun instagram miliknya seperti dilansir Eurosports, Ahad (20/12).

Tidak hanya itu, Pele juga merasa kagum dengan keputusan Messi untuk terus bertahan di satu klub dan memperkuat Blaugrana hingga saat ini. Menurutnya, kesetiaan seorang pemain terhadap sebuah klub cukup langka di era sepak bola modern saat ini. Terlebih, saat ini sepak bola telah menjadi industri dengan perputaran yang yang cukup besar.

''Cerita-cerita seperti kita, yang mencintai klub yang sama untuk jangka waktu yang lama, sayangnya akan sangat langka di era sepak bola saat ini. Karena itu, saya benar-benar mengagumi Anda,'' lanjut keterangan di unggahan Pele tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement