Rabu 06 Jan 2021 23:00 WIB

Pelatih Bilbao: Selalu Ada Peluang untuk Kalahkan Barcelona

Marcelino punya rekor buruk menghadapi Barca.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Marcelino Garcia Toral. Pelatih asli Spanyol ini menghadiri konferensi pers selama presentasinya sebagai pelatih kepala baru Athletic Club de Bilbao, di Bilbao, Basque Country, Spanyol, 05 Januari 2021. Toral menandatangani kontrak barunya hingga Juni 2022
Foto:

Pelatih berusia 55 tahun itu pun mengakui, laga kontra Barcelona tidak akan pernah berjalan dengan mudah. Terlebih, Barcelona diisi sejumlah pemain-pemain kelas dunia, terutama Lionel Messi, yang bisa mengubah jalannya laga. Namun, Marcelino menyebut, Bilbao memiliki bekal untuk bisa menyulitkan Barca di laga yang bakal digelar di Stadion San Mames tersebut.

''Tim ini memiliki antusiasme, keberanian, dan bisa mengancam lewat serangan-serangan balik. Mereka akan cenderung menguasai kendali atas bola, karena itu, kami mesti bisa tampil lebih berani dan menekan mereka. Pendekatan dan gaya itulah yang sudah ada di dalam gaya permainan di tim ini,'' tutur eks pelatih Sevilla tersebut.

Marcelino diketahui hanya dua kali memimpin sesi latihan Bilbao sebelum akhirnya mendampingi anak-anak asuhnya di laga kontra Barcelona. Dengan waktu yang relatif singkat, Marcelino tidak mau langsung memaksakan ide ataupun gaya permainan yang ingin diterapkannya. Marcelino justru mengaku tidak akan mengubah filosofi dan gaya permainan yang telah diterapkan di Bilbao. 

''Perbedaan satu sistem permainan ke sistem permainan adalah karakteristik pemain yang dimiliki sebuah tim. Hal yang terpenting justru mempertahankan filosofi permainan yang telah terbentuk di tim ini. Kami tidak akan mengubah filosofi tersebut, yang sudah terbangun di tim ini bahkan sejak dari tim junior,'' kata Marcelino.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement