Ahad 28 Feb 2021 01:57 WIB
...

Koeman Beberkan Rahasia Keberhasilan Barca Cukur Sevilla

Barcelona terpaut dua poin dari Atletico Madrid di puncak klasemen La Liga Spanyol.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Barcelona Ronald Koeman.
Foto:

Pelatih Barcelona, Ronald Koeman, pun membeberkan kunci keberhasilan timnya memetik kemenangan di laga ini. Keputusan mantan pelatih timnas Belanda itu untuk menempatkan tiga bek dan menurunkan wing back di masing-masing sisi lapangan terbukti menjadi keputusan yang tepat.

''Kami mencoba terus menekan mereka dengan tiga bek dan wing back yang berada sedikit di depan. Ini memudahkan kami untuk mencegah mereka mengembangkan permainan. Itu kunci dari kemenangan ini,'' ujar Koeman seusai laga seperti dilansir Marca, Ahad (28/2).

Alih-alih menempatkan empat pemain belakang, seperti yang biasanya diterapkannya, Koeman menurunkan formasi 3-1-4-2 di laga kontra Sevilla. Clement Lenglet, Gerard Pique, dan Oscar Mingueza dipercaya mengawal lini belakang. Sementara Serginho Dest dan Jordi Alba ditempatkan sebagai wing back dan diplot berada di lapangan tengah.

Selama 90 menit laga, Koeman diketahui tidak mengubah formasi permainan Barcelona tersebut. Kendati begitu, eks pelatih Valencia itu mengakui, perubahan dan eksperimen yang dilakukannya ini memiliki resiko besar. Sevilla bisa saja memanfaatkan celah tersebut lewat serangan balik.

''Ini memang sistem permainan yang memiliki risiko. Namun, dengan sistem permainan ini, kami bisa menekan mereka saat tidak menguasai bola. Kami berusaha melakukan man to man marking. Pergerakan tanpa bola kami adalah kuncinya. Itu menjadi laga yang komplet, baik dari segi penampilan ataupun raihan hasil,'' jelas Koeman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement