Kamis 04 Mar 2021 01:42 WIB

Dewan Olimpiade Tokyo Tambah Representasi Perempuan

enyelenggara Olimpiade Tokyo menyetujui 12 anggota baru dewan eksekutif perempuan.

Presiden Panitia Penyelenggara Olimpiade Tokyo 2020 Seiko Hashimoto berbicara di pertemuan Dewan Eksekutif Tokyo 2020 di Tokyo, Jepang. (18/2/2021)
Foto:

Sebelumnya ada tujuh perempuan di dewan eksekutif. Anggota dewan baru termasuk dua atlet -- peraih medali emas maraton Olimpiade Sydney, Naoko Takahashi, dan juara ganda ski alpen Paralimpiade, Kuniko Obinata.Sepuluh anggota lainnya diambil dari berbagai bidang, seperti administrasi olahraga, bisnis dan akademisi, termasuk Mitsue Haga, perwakilan suku asli Jepang, Ainu.

"Salah satu prinsip dasar olimpiade adalah setiap orang setara," kata Hashimoto."Bagi Jepang, budaya tradisional yang indah dari Ainu adalah warisan yang besar," dia menambahkan.

Tsuyoshi Fukui, anggota dewan pria yang juga merupakan anggota dewan Komite Olimpiade Jepang (JOC), mengundurkan diri dari perannya di Olimpiade Tokyo 2020 pada Selasa (2/3).

Mori mundur sebagai presiden setelah protes domestik dan internasional atas pernyataan yang dia buat pada awal Februari kepada anggota JOC. Dia meminta maaf atas pernyataan seksis yang telah dia sampaikan.

Hashimoto dinominasikan sebagai presiden setelah upaya Mori untuk memilih sendiri penggantinya -- mantan pesepakbola berusia 84 tahun -- dibatalkan setelah mendapat kritikan dari publik.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement