Rabu 10 Mar 2021 21:35 WIB

Benang Kusut Aturan Handball Sepakbola

Ibarat benang kusut, diskusi soal handball seakan sulit mencari cara meluruskannya.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Agung Sasongko
Kevin De Bruyne (tengah) bersama para pemain Manchester City bertanya dan memprotes keputusan wasit Mike Dean yang menganulir gol Aymeric Laporte karena handball Gabriel Jesus yang memberikan umpan.
Foto:

Pelatih Manchester United (MU), Ole Gunnar Solskjaer meminta para regulator menjelaskan seluruh peraturan kepada praktisi sepakbola agar tidak muncul kerancuan. "Kami butuh kejelsaan karena terlalu banyak perubahan. Zaman dahulu sepakbola jauh lebih sederhana," ujar Solskjaer seperti dilansir Sky Sports, Selasa (9/3). 

Ibarat benang kusut, diskusi soal handball seakan sulit mencari cara meluruskannya. Kembali sekitar 173 tahun lalu, sepakbola di era awal ternyata masih mengizinkan para pemain memegang bahkan menggiring bola dengan tangan karena belum ada peraturan resmi Peraturan ini bertahan hingga 1863 ketika siapapun yang memegang bola selain kiper, dianggap melanggar. 

Kiper menjadi satu-satunya pemain di dalam satu tim yang boleh memegang, menangkap, dan membawa bola hingga ke tengah lapangan. Peraturan ini bertahan hingga tahun 1912. Setelah itu, kiper hanya boleh melakukannya di dalam kotak penalti seperti yang dikenal saat ini. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement