Selasa 16 Nov 2021 12:44 WIB
...

Indonesia Uji Coba Vs Afghanistan demi Angkat Ranking FIFA

Shin kemungkinan akan menggunakan para pemain baru pada laga vs Afghanistan.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong.
Foto:

Bek timnas Indonesia Rachmat Irianto yang sebelumnya pernah berhadapan dengan Afghanistan menyatakan bahwa pemain Afghanistan memiliki keunggulan dari segi postur tubuh. Pelajaran dari pertandingan sebelumnya membuat Rian harus lebih mematangkan persiapan, lebih fokus, lebih kuat, dan lebih berani menghadapi lawan.

"Mereka memiliki postur yang sangat tinggi, besar, dan kami memiliki postur yang lebih kecil, tapi kami tetap melawan Afghanistan. Untuk persiapan pasti kami harus lebih fokus, lebih kuat, lebih berani lagi," kata pria yang akrab disapa Rian itu.

Bek timnas Indonesia lainnya, Elkan Bagott, mengatakan laga melawan Afghanistan adalah partai penting untuk dimenangkan skuad Garuda. Elkan mengakui Afghanistan adalah tim yang sangat bagus.

photo
Pemain timnas Indonesia berdarah Inggris, Elkan Baggott, akan bermain di Piala AFF 2020. - (DOK PSSI)

Menurut Elkan, pertandingan melawan Afghanistan tidak akan berjalan mudah. Namun, kata dia, skuad Garuda sudah melakukan persiapan yang cukup matang dengan strategi dan analisis yang disiapkan pelatih. "Ini semua tentang bagaimana kami bermain melawan mereka dan itu tergantung pada kami. Jika kami bermain dengan baik, kami akan memenangkan pertandingan," jelasnya.

Pemain yang membela klub Inggris, Ipswich Town, itu juga mengungkapkan dirinya dalam kondisi baik dan bugar. Ia juga telah beradaptasi dengan zona waktu yang berbeda. "Untuk kondisi saat ini semua bagus. Latihannya tidak begitu sulit, hanya karena perjalanan panjang, kadang menjadi sulit. Semuanya juga tak ada yang terlihat terlalu lelah. Hanya sedikit kelelahan menjelang akhir latihan dan itu wajar," kata Elkan.

Kedua tim sebelumnya pernah bertemu pada laga persahabatan yang berlangsung di Uni Emirat Arab pada 25 Mei 2021. Laga itu berakhir kemenangan bagi Afghanistan dengan skor 3-2. Pada laga itu, Indonesia tertinggal 0-3 lebih dulu sebelum memperkecil gol lewat Egy Maulana Vikri dan Adam Alis di babak kedua.

Setelah kemenangan tersebut, Afghanistan belum pernah memenangkan satu kemenangan pun. Tim berjuluk Lions of Khurasan ditahan imbang dengan skor identik 1-1 oleh Singapura dan Bangladesh, serta takluk 1-2 dari Oman, sebelum kembali bermain imbang 1-1 dengan India.

Saat melawan Indonesia nanti, para pemain Afghanistan menyatakan akan memberikan upaya terbaik dalam permainan. "Insya Allah, kami akan memenangkan pertandingan dan membawa sedikit kebahagiaan bagi rekan-rekan kami selama masa kritis di Afghanistan," kata pemain Afghanistan, Mustafa Hadid, dikutip dari Tolo News, Senin (15/11).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement