Rabu 17 Nov 2021 01:13 WIB
...

Mencegah Kiamat Kedua Skuad Italia dalam 4 Tahun Terakhir

Laga play-off bisa jadi pelecut semangat penggawa Italia tampil di Piala Dunia 2022.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Reaksi pelatih timnas Italia Roberto Mancini selama pertandingan sepak bola Grup C Kualifikasi Eropa Piala Dunia 2022.
Foto:

Mantan pelatih timnas Italia, Arrigo Sacchi, menilai, ada perbedaan besar performa Gli Azzurri dibanding kala tampil apik di Stadion Wembley. Para penggawa La Nazionale terlihat tidak mampu menampilkan ritme permainan yang tepat dan sedikit arogan.

Namun, Sacchi menyebut, kekecewaan ini bakal memberikan semangat baru buat Gli Azzurri.

''Hal itu membuat tim ini lebih menginjak bumi. Kini, bukan saatnya untuk menjadi siapa yang patut disalahkan atas kegagalan ini. Selain itu, justru saat berada di posisi terjepit, Gli Azzurri terkadang menunjukan performa terbaiknya,'' kata Sacchi seperti dilansir La Gazzetta dello Sports.

photo
Domenico Berardi dari Italia bereaksi setelah pertandingan sepak bola kualifikasi Grup C Piala Dunia 2022 antara Irlandia Utara dan Italia di Stadion Windsor Park di Belfast, Irlandia Utara, Senin, 15 November 2021. - (AP/Peter Morrison)

Lorenzo Insigne dan kawan-kawan masih memiliki peluang untuk mencegah kiamat kedua buat Gli Azzurri dalam empat tahun terakhir dengan lolos ke Piala Dunia 2022 via babak play-off. Berbeda dari gelaran tahun sebelumnya, putaran kedua babak kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa ini akan berisi 12 tim yang memperebutkan tiga tempat terakhir wakil Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA) di putaran final Piala Dunia 2022.

Berdasarkan sejumlah hasil terakhir di putaran pertama kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa, Italia, Portugal, Swedia, Skotlandia, dan Rusia dipastikan menempati posisi unggulan dalam babak play-off. Untuk bisa memastikan satu tiket di putaran final Piala Eropa, sebuah tim mesti bisa meraih dua kemenangan di babak semifinal dan babak final fase play-off.

Rencananya, pengundian babak play-off kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa akan digelar pada 26 November 2021. Putaran kedua babak kualifikasi Piala Dunia akan mulai dihelat pada akhir Maret 2022 mendatang.

Mancini optimistis, timnya akan menatap laga itu dengan kondisi yang jauh lebih baik dan kepercayaan diri tinggi. Bahkan, bukan tidak mungkin, tampil dalam format sistem gugur di babak play-off dapat menjadi pelecut semangat para penggawa Gli Azzurri untuk bisa tampil maksimal di putaran final Piala Dunia 2022.

''Pada Maret mendatang, semuanya akan berbeda. Kami akan menjalani laga hidup-mati dalam dua laga. Kami mesti bisa menjaga ketenangan. Saya masih yakin bisa melaju ke putaran final Piala Dunia 2022 dan bahkan menjuarainya,'' kata Mancini menegaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement