Jumat 26 Nov 2021 16:36 WIB
...

Roller Coaster Timnas Italia Era Mancini

Tak ada yang menyangka Italia harus melalui babak play-off untuk ke Piala Dunia 2022.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih timnas Italia Roberto Mancini.
Foto:

Berdasarkan jadwal dari laman resmi Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA), proses undian play-off Piala Dunia 2022 zona Eropa akan digelar di Zurich, Swiss, pada Jumat (26/11) malam WIB. Terdapat 12 negara yang terdiri dari 10 runner-up grup kualifikasi dan dua sisanya ditentukan berdasarkan peringkat gabungan UEFA Nations League.

Sebanyak 10 negara runner-up grup kualifikasi adalah Portugal, Skotlandia, Rusia, Swedia, Wales, Polandia, Makedonia Utara, Turki, Ukraina, dan Italia. Sementara dua negara lainnya adalah Austria dan Republik Ceska. Ke-12 negara itu harus berjuang di babak play-off demi memperebutkan tiga tiket menuju Piala Dunia.

UEFA membagi undian ke dalam dua pot. Italia termasuk di dalam pot bersama Austria, Republik Ceska, Makedonia Utara, Polanda, Turki, dan Ukraina. Jika sudah diketahui lawannya, Italia wajib melakoni pertandingan ronde pertama dengan sistem home-away.

photo
Timnas Italia - (EPA/LANCIA )

Jika bertemu Austria, Italia mungkin bisa lebih menyesuaikan keadaan mengingat jarak kedua negara yang saling bertetangga. Namun, Italia tidak bisa meremehkan lawannya begitu saja mengingat saat ini Austria diisi beberapa pemain berkualitas seperti David Alaba.

Apabila menghadapi Swedia dan Republik Ceska, Italia juga tidak boleh menganggap pertandingan bakal berjalan mulus. Pasalnya, kedua calon lawannya diisi oleh nama-nama besar seperti Zlatan Ibrahimovic untuk Swedia dan Patrik Schick di Republik Ceska.

Begitu pun dengan Makedonia Utara, Polandia, dan Turki. Italia sama sekali tak bisa meremehkan setiap lawan yang akan dihadapi. Berkaca dari babak kualifikasi, status juara Euro 2020 tak ada artinya bagi Italia jika tetap tampil buruk di lapangan.

Saat mampu melewati ronde pertama, Italia juga harus menghadapi pemenang dari pot kedua di ronde selanjutnya. Ada Portugal yang mungkin saja dapat bertemu Italia di tengah jalan. Jika benar-benar terjadi, perjuangan Gli Azzurri akan semakin sulit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement