Rabu 08 Dec 2021 11:43 WIB

Drama Liga Champions, Saat Atletico Menyalip di Tikungan Terakhir

Atletico Madrid mendampingi Liverpool dari Grup B lolos ke 16 besar Liga Champions.

Para pemain Atletico Madrid merayakan gol ke gawang Porto di Liga Champions.
Foto:

Ketangguhan Atletico, bantuan Liverpool

Atletico jadi pesakitan setelah takluk 0-1 di kandang saat menjamu Milan pada laga kelima. Untuk lolos, mereka tidak hanya perlu menang tetapi juga berharap Liverpool membantu mereka.

Atleti menderita kekalahan mengejutkan 1-2 di kandang dari Real Mallorca dalam pertandingan LaLiga akhir pekan lalu dan kehilangan tiga bek tengah teratas mereka di Jose Gimenez, Stefan Savic dan Felipe. Ini memaksa gelandang Geoffrey Kondogbia dan bek kanan Sime Vrsaljko bermain di jantung pertahanan.

Pertanda buruk muncul pada awal laga ketika striker Luis Suarez dipaksa keluar lapangan karena cedera pada menit ke-13. Suarez sampai menangis karena kecewa emosional. Namun, seperti yang sering terjadi dalam beberapa tahun terakhir, Atletico justru mengeluarkan potensi terbaiknya dalam tekanan.

“Kami tahu persis apa yang dipertaruhkan tetapi kami adalah Atletico Madrid, kami melakukan hal-hal dengan cara yang sulit dan rasanya jauh lebih enak seperti ini,” kata bek Mario Hermoso.

Atleti menciptakan peluang nyata pertama mereka ketika Carrasco menerobos pertahanan tetapi Marcos Llorente melepaskan umpan silangnya yang memantul ke kaki kiper Diogo Costa.

Porto mendominasi sisa babak pertama dan kiper Atletico Jan Oblak melakukan penyelamatan luar biasa untuk menggagalkan upaya Luis Diaz. S ementara Llorente berjibaku melintasi gawang untuk mencegah Mehdi Taremi menyambut bola lepas.

Taremi menyia-nyiakan dua peluang bersih di awal babak kedua, melambung di atas mistar dan kemudian digagalkan oleh kaki Oblak, sebelum Griezmann memberi Atleti keunggulan dengan gol yang sulit.

Porto nyaris tidak bangkit dari keterkejutan karena tertinggal dan kiper pengganti Agustin Marchesin dikeluarkan dari bangku penonton setelah ketegangan yang muncul di tengah laga.

"Ini malam yang luar biasa," kata Oblak. "Saya yakin banyak orang tidak percaya pada kami, tetapi dalam pertandingan seperti ini kami menunjukkan tim kami yang sebenarnya."

Atletico menuntaskan tugasnya dengan sempurna, Liverpool memuluskannya. Tim yang disingkirkan Atletico pada babak 16 besar Liga Champions musim lalu mengalahkan Milan 2-1 untuk memastikan Griezmann dkk berlaga di babak gugur. Selamat, Atletico!

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement