Kamis 23 Dec 2021 17:46 WIB
...

Perbedaan Messi dan Ronaldo Menurut Lewandowski

Messi dan Ronaldo dinilai selalu berada satu level di atas pemain-pemain lain.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Penyerang Bayern Muenchen, Robert Lewandowski.
Foto:

Terlepas dari kegagalan menyabet Ballon d'Or 2021, mantan penyerang Lech Poznan itu mengakui, Messi dan Ronaldo memang selalu berada satu level di atas pemain-pemain lain. Rivalitas antara Messi dan Ronaldo bahkan sudah tersaji sejak Lewandowksi mulai merumput sebagai pesepak bola profesional pada 2005.

''Sejak saya mulai menapaki karier profesional, Messi dan Ronaldo selalu berada di atas rata-rata pemain lainnya. Perebutan gelar pesepak bola terbaik tertuju pada duel antara dua pemain tersebut,'' ujar Lewandowski dalam wawancara dengan Bild, Kamis (23/12).

Top skorer Bundesliga dalam empat musim terakhir itu lantas memberikan opini soal siapa pemain terbaik antara Messi dengan Ronaldo. Menurutnya, hal itu cenderung bersifat subjektif lantaran kedua pemain tersebut memiliki modal yang berbeda dalam merengkuh kesuksesan.

photo
Cristiano Ronaldo dari Manchester United memberi isyarat saat pertandingan sepak bola Liga Primer Inggris antara Manchester United dan Crystal Palace di Manchester, Inggris, Ahad (5/12). - (EPA-EFE/Peter Powel)

Messi, lanjut Lewandowski, membuat semua yang dilakukan di atas lapangan terlihat begitu mudah lantaran bakat alami yang dimilikinya di olahraga ini. Di sisi lain, Ronaldo dinilai memiliki etos kerja yang luar biasa.

Demi bisa menjadi pesaing Messi dalam merengkuh pengakuan sebagai salah satu pemain terbaik di dunia, Ronaldo, kata Lewandowski, rela bekerja lebih keras dibanding pemain-pemain lain segenerasinya.

''Ini soal jenis pemain apa yang ada sukai. Jawaban dari pertanyaan itu cukup sulit. Saya menghargai kerja keras yang ditunjukkan Ronaldo. Sementara buat Messi, dia membuat semuanya terlihat begitu mudah di atas lapangan. Saya rasa, Ronaldo bekerja lebih keras untuk bisa meraih kesuksesan,'' kata Lewandowski menjelaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement