Kamis 30 Dec 2021 00:47 WIB
...

Ini 5 Bek Terbaik Dunia Sepanjang Tahun 2021, David Alaba dan Ruben Dias Masuk Daftar

Para bek ini tak hanya menonjol di level klub, tapi juga saat memperkuat negaranya.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
 Pemain belakang Liverpool, Trent Alexander-Arnold.
Foto: AP/Frank Augstein
Pemain belakang Liverpool, Trent Alexander-Arnold.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Selain kompetisi reguler di level klub, kancah sepak bola profesional juga diwarnai dua turnamen besar pada 2021. Sebanyak 24 tim terbaik di kawasan Eropa saling bersaing untuk menjadi yang terbaik di gelaran Euro 2020, Juni-Juli 2021 lalu.

Pada saat nyaris bersamaan, negara-negara di kawasan Amerika Selatan memperebutkan trofi Copa America. Di arena Liga Champions, Chelsea mengakhiri musim 2019/2020 di tangga juara setelah mengalahkan Manchester City, 1-0.

Baca Juga

Sementara di pentas Euro 2020, Italia berhak merengkuh status sebagai tim terbaik di kawasan Eropa setelah menjungkalkan Inggris, 3-2, di partai puncak Euro 2020. Dari gelaran Copa America 2021, Argentina mengakhiri puasa gelar selama 28 tahun di turnamen sepak bola internasional tertua sejagat tersebut.

Lionel Messi dan kawan-kawan menundukkan seteru sengitnya, Brasil, 1-0, di partai final via gol semata wayang Angel Di Maria. Setelah dua turnamen akbar tersebut, pentas sepak bola profesional pun berlanjut dengan memasuki kompetisi musim 2021/2022.

Sebagian besar lima liga top Eropa telah menyesaikan paruh pertama musim 2021/2022. Begitu pula dengan Liga Champions, yang telah menuntaskan babak penyisihan grup dan telah memasuki fase gugur.

Di tengah sorotan terhadap kemampuan gelandang serang atau penyerang untuk bisa mencetak gol dan membangun serangan, peran para pemain belakang tentu tidak bisa dikesampingkan begitu saja. Performa apik barisan pemain di lini belakang dinilai bisa memberikan rasa aman buat rekan-rekan setimnya di lini tengah dan depan untuk bisa mencetak gol.

Pada sepanjang 2021, setidaknya ada lima pemain bertahan yang tampil begitu menonjol, tidak hanya di level klub, tapi juga saat memperkuat negaranya masing-masing di laga internasional.

Berikut lima bek terbaik di sepanjang 2021 berdasarkan lansiran SportsKeeda pekan ini.

5. Marquinhos (Paris Saint-Germain)

Sejak pergantian tahun, peran Marquinhos di jantung pertahanan PSG kian krusial. Pada sepanjang musim lalu, bek tengah berusia 27 tahun itu tampil di 40 laga di semua ajang. Seiring dengan kepergian Thiago Silva, Marquinhos pun dipercaya untuk mengemban jabatan kapten PSG.

photo
Bek PSG Marquinhos - (EPA-EFE/JULIEN DE ROSA)

Performa apik Marquinhos di PSG berlanjut saat memperkuat timnas Brasil di Copa America 2021. Dari tujuh laga yang dilakoni Selecao di Copa America 2021, Marquinhos hanya absen di satu laga. Di sepanjang turnamen tersebut, Brasil tercatat hanya kebobolan empat gol. Sayangnya, di partai final, Marquinhos gagal mengantarkan Brasil mengalahkan Argentina. Brasil kalah 0-1.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement