Senin 10 Jan 2022 18:52 WIB
...

5 Pesepak Bola Ini Masih Punya Nilai Pasar Amat Tinggi Meski Usia di Atas 30 Tahun

Ada beberapa pemain yang masih berharga pada usia di atas 30 tahun.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Pemain Manchester City Kevin De Bruyne. Meski usianya sudah 30 tahun, nilai jual De Bruyne masih tinggi.
Foto: AP/Ian Walton
Pemain Manchester City Kevin De Bruyne. Meski usianya sudah 30 tahun, nilai jual De Bruyne masih tinggi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seperti sudah menjadi norma dalam sepak bola bahwa usia salah satu faktor penting untuk menentukan nilai pasar pemain. Pemain cenderung berkembang di usianya yang masih muda.

Sementara, pesepak bola yang usianya sudah di atas 30 tahun lebih banyak mengalami penurunan performa. Umumnya pemain berusia di atas 30 tahun dianggap bergerak menuju akhir karier dan nilai pasarnya akan menurun.

Baca Juga

Nilai pasar pesepak bola sebagian ditentukan oleh kontrak yang dijalankan. Sudah menjadi rahasia umum klub tak akan menawarkan kontrak jangka panjang kepada pemain di atas usia 30 tahun sehingga menyebabkan nilai pasar si pemain menurun.

Namun ada beberapa pemain yang masih berharga pada usia di atas 30 tahun. Dilansir dari Sportskeeda, Senin (10/1/2022), berikut lima pemain paling berharga yang berusia 30 tahun ke atas dalam dunia sepak bola menurut Transfermarkt.

- Kevin De Bruyne (90 Juta Euro)

Gelandang serang Manchester City tersebut tampil di level tinggi secara konsisten di bawah asuhan Pep Guardiola. Sehingga ia memenangkan hampir semua trofi di level klub. De Bruyne menjadi kekuatan utama Man City selama lima tahun terakhir.

Pemain 30 tahun tersebut dihargai 90 juta euro sebuah angka yang besar bagi seorang pemain yang tak muda lagi. Pemain internasional Belgia tersebut salah satu gelandang terbaik di generasinya serta mempunyai keterampilan luar biasa di lapangan. Dia menempati urutan kedelapan dalam daftar peringkat peraih Ballon d’Or dan pemain terbaik kedua Eropa 2021. Meski usianya 30 tahun, ia tetap menjadi salah satu pemain paling berharga di dunia sepak bola.

- Lionel Messi (60 Juta Euro)

Messi sudah berusia 34 tahun dan banyak yang memperkirakan bahwa ia akan mendekati akhir karier sepak bolanya. Namun, Messi tetap memukau penggemar sepak bola dunia. Dua bulan lalu, La Pulga meraih Ballon d’Or ketujuhnya. Ia pindah ke PSG secara gratis dari Barcelona musim panas kemarin.

photo
Gaya Lionel Messi setelah mencetak gol untuk Paris Saint Germain (PSG) ke gawang Club Brugge di Liga Champions, Rabu (8/12) WIB. - (EPA-EFE/Ian Langsdon)

Messi favorit meraih penghargaan Pemain Pria Terbaik FIFA 2021 bersama Robert Lewandowski dan Mohamed Salah. Ia adalah pemain tertua dalam daftar nominasi tersebut dan bernilai 60 juta euro saat ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement